SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan komentar atas permintaan untuk mundur dari jabatan Wali Kota demi Pilpres 2024. (Dok)

Solopos.com, SOLO–Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait saran dari calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo agar mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota Solo.

Desakan agar Gibran mundur dari jabatan Wali Kota Solo semakin kencang di tengah kontestasi politik lima tahunan. Gibran tak berbicara banyak soal desakan agar dirinya mundur dari jabatan Wali Kota Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia hanya mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang memberikan masukan dan saran terhadap dirinya. “Ya terima kasih masukannya,” kata dia, di Balai Kota Solo, Jumat (19/1/2024).

Gibran langsung bergegas masuk ke ruang kerja Wali Kota Solo dan melakukan aktivitas kedinasan. Belum lama ini, Gibran juga mengungkapkan hal serupa. Dia menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang mengevaluasi aktivitas cuti selama bergulirnya masa kampanye Pemilu 2024.

Pada pekan ini, Gibran mengajukan cuti selama tiga hari mulai Senin-Rabu. Gibran melakukan kegiatan kampanye di sejumlah daerah.

Sebelumnya, capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengatakan pejabat publik yang menjadi peserta pemilu agar mundur dari jabatannya.

Pejabat publik yang tidak mundur dari jabatannya berisiko menyalahgunakan jabatan dan tidak fokus pada tugas dan pekerjaan yang diemban.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo di Magetan, Jawa Timur pada Jumat pagi. “Yang terjadi seperti ini kalau baiknya memang mundur semuanya pejabat publik. “Cuma saya sama Mas Anies [Anies Baswedan] yang tidak menjabat. Risikonya potensi penyalahgunaan kewenangan terus tidak akan fokus pada pekerjaannya,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, Y.F. Sukasno juga meminta Gibran mundur dari jabatannya. Roda pemerintahan dinilai tak efektif dan tak efisien akibat seringnya Gibran cuti kampanye selama masa kampanye Pilpres 2024. Hampir setiap pekan, Gibran mengajukan cuti kampanye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya