SOLOPOS.COM - Tangkapan layar pameran kearsipan virtual bertajuk Arsip Melawan Lupa, dalam laman arpusda.jatengprov.go.id.

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sragen mengikuti pameran kearsipan virtual mulai 1 hingga 20 September 2022. Pameran bertajuk Arsip Melawan Lupa ini bisa diakses melalui laman https://arpusda.jatengprov.go.id/.

Dalam pameran virtual tersebut, Disarpus Kabupaten Sragen mengusung tema Sragen Tempo Doeloe dan Sragen Masa Kini.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Dalam tema Sragen Tempo Doeloe dipamerkan foto-foto Bupati Sragen dari masa ke masa, gua persembunyian Pangeran Mangkubumi, Pabrik Gula (PG) Mojo tempo dulu, pemegang saham PG Mojo pertama kali, Stasiun Sragen, dan Jl. Raya Sukowati waktu dulu, serta masih banyak lagi,” terang salah satu staf Disarpus Kabupaten Sragen, Wahyu Nugroho Wicaksono, pada Solopos.com Rabu (7/9/2022).

Untuk Kabupaten Sragen masa kini diperlihatkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sragen, pembangunan Gunung Kemukus, kantor kecamatan, puskesmas, dan obyek wisata Bayanan.

Kemudian ada pula foto alun-alun Kabupaten Sragen, Rumah Dinas Bupati Sragen, Rumah Dinas Wakil Bupati, dan Stasiun Sragen masa kini.

Baca Juga: Disarpus Karanganyar Adakan Nobar Gratis bagi Siswa SMP dan SMA

Pameran tersebut digelar Disarpus Provinsi Jawa Tengah dan ikuti oleh Arsip Nasional RI (ANRI) dan seluruh kabupaten/kota di Jateng. Acara tersebu terbuka untuk umum dan gratis.

Dalam laman resmi https://arpusda.jatengprov.go.id/,  selain pameran arsip Jawa Tengah tempo dulu, masa emas, dan masa depan, juga terdapat webinar, workshop, lomba, pemutaran film, wisata arsip, dan podcast kearsipan.

Untuk mengikuti pameran tersebut, bisa mengaksesnya melalui laman resmi Disarpus Jateng, kemudian klik pamflet yang muncul secara otomatis di halaman pertama. Selanjutnya pengunjung diarahkan mengisi buku tamu melalui Google Form yang disediakan.

Dalam buku tamu tersebut, pengunjung wajib mengisi nama, asal provinsi dan negara. Setelah mengisi buku tamu dan klik submit, muncul laman yang mengarah pada pameran tersebut. Kemudian dengan mengarahkan kursor ke bawah, akan muncul logo masing-masing kabupaten/kota, kemudian pengunjung bisa memilih dengan bebas.

Baca Juga: Guru SMP di Sragen ini Manfaatkan Barang Bekas Buat Taman Bacaan

Dalam laman pameran tersebut, menguraikan bahwa pameran Kearsipan dan Perpustakan yang pada tahun-tahun sebelumnya digelar secara langsung, konvensional, banyak biaya, dan harus terpusat di suatu tempat. Tahun ini dibuat secara virtual.

Berikut ini jadwal acara pendukung Pameran Kearsipan Virtual September 2022:

  • 1 September, pukul 09.00 WIB, Pembukaan Pameran Virtual Kearsipan Tahun 2022, oleh Kepala Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 5 September, pukul 09.00 WIB, Pemutaran Film Dokumenter “Sejarah Transmigrasi & Kopi di Jawa Tengah”, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 6 September, pukul 09.00 WIB, Webinar Nasional “Berbagi Pengalaman Menuju Memori Kolektif Bangsa”, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 7 September, pukul 09.00 WIB, Webinar “Pentingnya Arsip Keluarga dan Masyarakat di Era Digital”, oleh Disarpus Kota Semarang
  • 8 September, pukul 10.00 WIB, Webinar Tata Kelola Arsip Dalam Menunjang Pelaksanaan Pengawasan Kerarsipan, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 9 September, pukul 09.00 WIB, Webinar Nasional “Layanan Arsip Masa Kini”, oleh ANRI.
  • 9 September, pukul 14.00 WIB, Podcast NGGOSIP (Ngobrolin Seputar Arsip) tentang Pengelolaan Arsip Militer di Yonif 406 Candra Kusuma Purbalingga, oleh Disarpus Purbalingga.
  • 12 September, pukul 09.00 WIB, Podcast Optimalisasi Peran LKD dalam Pelayanan kepada Masyarakat Melalui Penyusunan Naskah Sumber Arsip, oleh Disarpus Magelang.
  • 13 September, pukul 09.00 WIB, Podcast Mengelola Arsip di Era Millenial, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 14 September, pukul 09.00 WIB, Podcast Barista (Bincang Arsip Kita) tentang Membangun Kearsipan di Daerah Bukanlah Pilihan Tapi Kebutuhan, oleh Disarpus Grobogan.
  • 15 September, pukul 10.00 WIB, Workshop “Restorari Arsip Penting Masyarakat Jawa Tengah (Ranting Mas)”, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 16 September, pukul 08.00 WIB, Webinar Penilaian Kinerja Arsiparis Jawa Tengah, oleh Asosiasi Arsiparis Indonesia Wilayah Jawa Tengah.
  • 19 September, pukul 09.00 WIB, Wisata Arsip, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 20 September, pukul 10.00 WIB, Penutupan/ Closing Ceremony Pameran Virtual Tahun 2022, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya