SOLOPOS.COM - Petugas Disidkbud Sragen melayani konsultasi calon siswa baru saat pelaksanaan PPDB SMP jalur afirmasi di Disdikbud Sragen, belum lama ini. (Istimewa/Disdikbud Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Jumlah lulusan SD/sederajat yang diterima di SMP negeri dari jalur afirmasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online 2023 meningkat  hampir dua kali lipat dibandingkan 2022 lalu. Jumlah siswa baru yang diterima di SMPN lewat jalur afirmasi mencapai 1.349 siswa pada 2023, sedangkan di 2022 lalu hanya 817 siswa.

PPDB online 2023 di jenjang SMP negeri/swasta tinggal lewat tiga jalur, yakni zonasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua. Para orang tua dan calon siswa baru ditekankan supaya jangan salah pilih jalur karena tidak bisa pindah jalur.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sekretaris Disdikbud Sragen, Sukisno, menerangkan PPDB SMP online 2023 diikuti 70 sekolah yang terdiri atas 49 SMP negeri dan 21 SMP swasta. Dia menerangkan tidak semua SMP swasta ikut PPDB online. Mulai 2023,  PPDB jalur afirmasi dipisah waktunya dengan jalur zonasi, prestasi, dan pindah tugas orang tua.

Kebijakan pemisahan waktu PPDB jalur afirmasi ini  ternyata bisa meningkatkan animo masyarakat untuk memanfaatkan jalur itu. “Pada PPDB 2022 lalu, orang tua siswa yang menggunakan jalur afirmasi hanya 817 siswa yang diterima. Sekarang siswa yang diterima lewat jalur afirmasi naik menjadi 1.349 orang,” ujar Sukisno saat dihubungi Solopos.com, Jumat (23/6/2023).

Sukisno mengimbau kepada orang tua siswa dan calon siswa baru, khususnya lulusan SD atau sederajat, jangan sampai salah pilih jalur. Karena ketika sudah memilih jalur tertentu maka tidak boleh pindah jalur. Orang tua dan calon siswa baru harus pandai-pandai mengukur potensi dan kemampuan sebelum memilih jalur.

“Kalau yang rumahnya dekat sekolah maka lebih baik pilih jalur zonasi. Yang punya prestasi lebih supaya masuk ke jalur prestasi. Yang orang tuanya pindah tugas pun bisa dimanfaatkan,” kata Sukisno.

Dia mengatakan belajar dari PPDB 2022 untuk SMPN 3 Sragen yang kekurangan siswa sampai dua rombel maka cakupan zonasi untuk SMPN 3 Sragen tahun ini diperluas. Daerah-daerah yang cukup jauh dari sekolah di kota seperti Kedungupit, Karangudi (Ngrampal), Mojodoyong (Kedawung) dan lainnya bisa masuk ke SMPN 3 Sragen lewat jalur zonasi.

“Seperti di SMPN 1 Sragen itu kuota habis untuk dua kelurahan sehingga yang jaraknya jauh tidak harus mendaftar ke SMPN 1 Sragen,” ujarnya.

Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Sragen, Muh. Farid Wajdi, menambahkan pada PPDB 2023 ini ada perubahan jadwal  pembuatan akun dan pendaftaran jalur zonasi, prestasi, dan pindah tugas orang tua. Pendaftaran yang sedianya dilaksanakan pada Senin (26/6/2023) diundur pada Selasa (4-8/7/2023).

Dia menambahkan, kuota jalur zonasi  55% dari daya tampung; jalur prestasi 20%,; jalur pindah tugas orang tua hanya 5%. “Pendaftaran jalur zonasi bisa dilakukan secara mandiri atau mengunjungi sekolah dengan menyiapkan kartu keluarga dan nomir induk kependudukan (NIK). Bagi pendaftar yang melalui sekolah pilihan pertama dengan membawa KK, nomor induk siswa nasional (NISN), dan rapor. Pendaftar tanpa dokumen maka dokumen dapat diserahkan saat daftar ulang,” jelasnya.

Dia menjelaskan pendaftar di jalur prestasi menggunakan dokumen nilai rapor dan piagam.  Piagam yang dimaksud didapat minimal enam bulan dan maksimal tiga tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. Sebelum mendaftar, piagam harus dikonversi menjadi nilai ke Disdikbud dengan menyertakan fotokopi piagam yang dilegalisasi dan membawa piagam asli.

Bagi pendaftar dengan KK di luar kabupaten atau asal sekolah di luar kabupaten, jelas dia, harus membawa dokumen KK, NISN, dan rapor.

Daya Tampung PPDB SMP Online 2023

Sekolah                                  Rombel                      Kuota

SMP Negeri                          305 rombel               9.792 siswa

SMP swasta                          86 rombel                  2.784 siswa

Total                                     391 rombel               12.544 siswa

Jadwal PPDB Online 2023

Jenjang TK/PAUD/SD Negeri/Swasta

Pembuatan akun dan pendaftaran                   : 4-8 Juli 2023

Analisis                                                                    : 10-11 Juli 2023

Pengumuman                                                         : 12 Juli

Daftar Ulang                                                           : 13-14 Juli 2023

Hari Pertama Masuk Sekolah                              : 17 Juli 2023

Jenjang SMP Negeri/Swasta (Jalur Zonasi, Prestasi, Pindah Tugas Orang Tua)

Pembuatan akun dan pendaftaran                   : 4-8 Juli 2023

Analisis                                                                    : 10-11 Juli 2023



Pengumuman                                                         : 12 Juli

Daftar Ulang                                                            : 13-14 Juli 2023

Hari Pertama Masuk Sekolah                              : 17 Juli 2023

Sumber: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya