SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SD menunjukkan Kartu Identitas Anak (KIA). (Instagram/@Disdukcapikaranganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karanganyar membuka layanan mobil keliling dokumen kependudukan. Layanan ini diawali Sabtu (10/9/2022) di Alun-Alun Karanganyar.

Kepala Disdukcapil Karanganyar, Junaidi, mengatakan layanan keliling tersebut merupakan solusi bagi masyarakat yang tidak sempat mengurus dokumen kependudukan mereka pada hari lainnya atau hari kerja.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kami membuka stan mobil keliling sebagai solusi dalam layani masyarakat Karanganyar yang memerlukan kepemilikan dokumen kependudukan, tapi mereka belum sempat mengurus pada hari Senin-Jumat,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Pada hari perdana ini mobil keliling ditempatkan di Alun-alun Karanganyar pada pukul 08.00 WIB-11.00 WIB. Rencananya, ke depan mobil ini  akan ditempatkan jug di pusat-pusat keramaian. “Intinya, kami mendekatkan diri kepada masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: Dugaan Kebocoran Data Kartu SIM, Kementerian Kominfo Gandeng BSSN

Ia menambahkan, ada 23 dokumen kependudukan yang dapat dilayani dan dicetak langsung oleh petugas pada mobil tersebut. Di antaranya kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), Kartu Identitas Anak, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian dan sebagainya.

Syaratnya, kata Junaidi, pemohon harus sudah melengkapi persyaratan masing-masing dokumen kependudukan yang diperlukan. “Ada 23 dokumen kependudukan yang bisa dicetak langsung di sini. Semua bisa dicetak langsung asalkan persyaratannya komplet,” imbuhnya.

Selain pelayanan masyarakat menjadi lebih dekat dan lebih mudah, pelayanan tersebut juga gratis alias tak dipungut biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya