SOLOPOS.COM - Pelaksanaan jemput bola aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) ke organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Wonogiri, Rabu (11/1/2023). (Istimewa/Instagram @pemkabwonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wonogiri mulai aktif menjemput bola dengan mengaktivasi identitas kependudukan digital (IKD) ke organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, Rabu (11/1/2023). Kegiatan yang bertujuan mempermudah layanan kependudukan berbasis digital tersebut kali pertama menyasar ke sekretariat daerah (Setda) Wonogiri.

IKD merupakan informasi elektronik yang merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai. IKD menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hal tersebut sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta Penelenggaraan Identitas Kependudukan Digital.

Dalam pembuatan IKD, masyarakat cukup menyiapakan 3 syarat. Masing-masing syarat itu, yakni KTP Elektronik, HP android, dan email.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Wonogiri, Herdian, mengatakan IKD didasarkan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat atas pelayanan adminduk yang memadai dan terintegrasi.

IKD juga ditujukan menuntaskan masalah ketersediaan blangko KTP-El yang terkadang habis dan pelayanan adminduk dirasa tidak memuaskan masyarakat.
Berbekal IKD, masyarakat tidak perlu lagi mencetak blangko KTP-El, melainkan cukup dengan IKD sudah bisa digunakan secara legal dan semestinya.

“Nantinya ada enam jenis kartu yang terintegrasi [KTP, KK, NPWP, kartu vaksin, kartu pemilih tetap Pemilu 2024, dan kepemilikan kendaraan Badan Kepegawaian Negara (BKN)]. Misalkan ada perubahan data karena pindah alamat, semua sudah terintegrasi jadi satu, termasuk lokasi daftar pemilih tetap (DPT) saat pemilu,” kata Herdian sebagaimana dikutip di Instagram @pemkabwonogiri, Kamis (12/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya