SOLOPOS.COM - Petugas Dishub dan Satlantas Polres Karanganyar mengecek armada angkutan Lebaran di garasi PO Rosalia Indah pada Kamis (6/4/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres Karanganyar melakukan pengecekan kelaikan jalan armada bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pada Kamis (6/4/2023). Pengecekan tersebut dilakukan guna memastikan kesiapan angkutan Lebaran nanti.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tim gabungan melakukan pemeriksaan armada dengan menyasar ke Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah dan PO Mata Trans. Petugas memeriksa kondisi ban, klakson, kotak P3K, lampu sein, hingga pemecah kaca. Kemudian pengecekan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Dishub Karanganyar, Sri Suboko, mengatakan inspeksi mendadak (sidak) ini dilakukan secara acak di garasi bus. Untuk kendaraan yang lengkap lantas dan dianggap laik jalan maka ditempeli stiker. “Hasil sampel uji, kondisi armada laik jalan,” kata dia dijumpai di sela pengecekan di garasi PO Rosalia Indah.

Dia meminta seluruh armada yang dioperasikan untuk angkutan Lebaran harus laik jalan. PO harus melakukan pengecekan secara rutin terhadap seluruh armada yang beroperasi setiap harinya. Seperti pergantian oli, cek perseneling, pedal, hingga mesin. “Jadi saat digunakan saat mudik nanti kondisi kendaraan tetap stabil,” katanya.

Sri Suboko juga mengimbau kepada para penyedia jasa transportasi untuk memastikan semua kendaraan yang beroperasi selama mudik dalam kondisi aman dan nyaman. Jika ada yang belum lengkap maka segera lengkapi karena masih ada waktu sampai dengan puncak masa mudik tiba.

Pemilik PO Rosalia Indah, Yustinus Soeroso, mengaku telah memberikan pembinaan terhadap puluhan kru busnya. Kru bus wajib memenuhi standar kriteria yang dibuktikan tes kesehatan dan psikologis. “Pelayanan utama tak boleh mengabaikan keselamatan penumpang. Sopir dua orang di tiap unit tak boleh ditawar. Mengantisipasi mengantuk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya