SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mengecek lampu lalu lintas yang dipasang di simpang empat MAN Sukoharjo, Senin (27/5/2024). (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO-Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo memasang lampu lalu lintas atau traffic light di lokasi baru, yakni simpang empat MAN Sukoharjo. Hal ini untuk mengurangi kepadatan dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pengoperasian traffic light di simpang empat MAN Sukoharjo dilakukan mulai Senin (27/5/2024). Lokasi simpang empat MAN Sukoharjo terletak di sisi utara pabrik Sri Rejeki Isman (Sritex) Tbk. Saat pagi hari, arus lalu lintas di lokasi tersebut cukup padat. Banyak karyawan pabrik yang berangkat bekerja. Sementara, para orangtua/wali murid mengantar anaknya ke sekolah.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Belum lagi, para aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan perusahaan swasta yang memulai aktivitas sehari-hari pada pagi hari. “Lokasi simpang empat MAN Sukoharjo sering macet dan terjadi kecelakaan. Masyarakat dan pengguna jalan juga mengusulkan agar lokasi simpang empat itu dipasang traffic light untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan,” kata Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, Senin.

Dishub Sukoharjo lantas melakukan kajian mendalam ihwal pemasangan traffic light di simpang empat MAN Sukoharjo. Berdasarkan hasil kajian, lokasi tersebut layak dipasang traffic light untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas para pengguna jalan.

Pemasangan lampu lalu lintas di simpang empat MAN Sukoharjo juga bertujuan memberi ruang bagi pejalan kaki menyeberangi jalan. “Banyak masyarakat yang kesulitan menyeberangi ruas jalan karena saking ramainya. Jika ada lampu lau lintas, ada jeda waktu untuk pejalan kaki menyeberangi jalan,” ujar dia.

Menurut Toni, lokasi lain yang butuh dipasang lampu lalu lintas di simpang empat batas kota, tepatnya sisi selatan Laris Swalayan Sukoharjo. Arus lalu lintas yang melewati simpang empat itu juga cukup ramai mulai pagi hari hingga malam hari. Terlebih, ruas jalan itu menghubungkan wilayah Sukoharjo-Wonogiri. “Kami kaji dahulu untuk pemasangan traffic light di simpang empat batas kota,” urai dia.

Lebih jauh, dengan beroperasinya traffic light diharapkan mampu meningkatkan kesadaran berlalu lintas para pengguna jalan. Mereka harus mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara di jalan. Sehingga, mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya