SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar melakukan pemeriksaan kelayakan operasional angkutan armada Lebaran di PO Langsung Jaya, Sabtu (4/8/2012). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/SOLOPOS)

Petugas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar melakukan pemeriksaan kelayakan operasional angkutan armada Lebaran di PO Langsung Jaya, Sabtu (4/8/2012). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar melakukan pemeriksaan kelayakan operasional armada angkutan Lebaran, Sabtu (4/8/2012).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pemeriksaan armada dilakukan di dua perusahan otobus (PO) yakni Langsung Jaya dan Gaya Putra. Kepala Bidang Perhubungan Dishubkominfo Karanganyar, Joko Sumaryono, mengatakan saat melakukan pemeriksaan di PO Langsung Jaya ditemukan beberapa bus masih menggunakan ban vulkanisir. Pihaknya langsung meminta pengelola PO agar mengganti ban tersebut.

“Pengelola PO Langsung Jaya sudah kami minta agar mengganti ban vulkanisir. Ada beberapa bus yang masih menggunakan ban vulkanisir,” katanya saat ditemui wartawan.

Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan peralatan tanggap darurat yang tidak lengkap, serta kelengkapan berkendara lainnya. Apabila bus nekat menggunakan ban vulkanisir maka pihaknya akan meminta bus dikandangkan.  Langkah ini dilakukan untuk menjamin keselamatan para penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran.

Pihaknya juga akan memeriksa kondisi fisik para sopir bus untuk menghindari terjadi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan faktor human error. “Kami akan koordinasi dengan instansi terkait untuk mengecek kondisi kesehatan para sopir bus,” ujarnya.

Armada angkutan Lebaran yang disiapkan di Karanganyar sebanyak 125 bus trayek AKAP, 155 bus trayek AKDP dan 373 trayek pedesaan. Selain itu, Pemkab Karanganyar menyediakan dua bus untuk mengangkut para pemudik secara gratis.

Sementara pengelola PO Langsung Jaya, Joko Darwanto, mengakui beberapa bus masih memakai ban vulaknisir. Kondisi ini berkaitan erat dengan kondisi keuangan yang mengalami penurunan. Kendati demikian pihaknya berjanji akan mengganti ban vulkanisir bus sebelum dioperasikan menjelang Lebaran. PO Langsung Jaya menyiapkan 80 bus yang dipersiapkan untuk angkutan armada Lebaran. Sebanyak 40 bus dipersiapkan untuk trayek AKAP dan 40 bus lainnya untuk AKDP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya