SOLOPOS.COM - Pekerja sedang menyelesaikan penggarapan mebel di kawasan industri mebel Kalijambe, Sragen, beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Pekerja sedang menyelesaikan penggarapan mebel di kawasan industri mebel Kalijambe, Sragen, beberapa waktu lalu. Disnakertrans Sragen akan menggelar pelatihan untuk meningkatkan kualitas produksi mebel. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SRAGEN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sragen akan membantu para perajin mebel di Desa Sambirembe, Kecamatan Kalijambe, Sragen, meningkatkan kualitas hasil produksi mebel melalui pelatihan khusus.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Sragen, M Afif Ajiputra, mengungkapkan rencananya pada Selasa (16/10/2012) mendatang akan digelar pelatihan bagi para perajin mebel. Salah satunya pelatihan pembuatan mebel dengan ornamen khas Sragen. Mereka juga akan mendapatkan materi tentang manajemen dan bagaimana memasarkan hasil produksi. “Jika sebelumnya ada pelatihan batik khas Sragen, harapannya nanti ada mebel dengan lukisan khas Sragen,” katanya kepada Solopos.com.

Dihubungi secara terpisah, Camat Kalijambe, Muhammad Yusdi Thoyib, mengungkapkan industri mebel merupakan salah satu andalan sektor usaha di Kecamatan Kalijambe. Sektor usaha ini mampu menyerap banyak tenaga kerja. Namun kebanyakan pengusaha mebel yang ada, tergolong usaha rumahan.

Jika akan ada pelatihan bagi perajin mebel, Yusdi sangat bersyukur. Harapannya kegiatan itu bisa membantu pengusaha meningkatkan usahanya. Selanjutnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selama ini pihak kecamatan tidak bisa berbuat banyak untuk membantu para pengrajin mebel karena memang tidak ada anggaran. Pendampingan dan pelatihan bagi mereka lebih banyak ditangani Disnakertrans dan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya