SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok SOLOPOS)

ilustrasi. (dok SOLOPOS)

WONOGIRI–Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri kembali mengadakan program Pemberian Kerja Darurat (PKD) di tahun 2012.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di tahun ini, ada 100 titik di 96 desa/kelurahan di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri yang akan mendapat alokasi dana Rp40 juta.

Dana itu untuk pembuatan proyek infrastruktur dengan rincian 70 persen untuk pembayaran upah tenaga kerja dan 30 persen untuk pembelian material. Sehingga jumlah total dana Rp4 miliar dari APBD 2012.

Hal itu diungkapkan Kepala Disnakertrans, Sri Wiyoso, melalui Kepala Bidang Penempatan Pembinaan dan Perluasan Tenaga Kerja, Setyo Susilo saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (1/2/2012).

“Program tersebut bertujuan memberikan pekerjaan bagi pengangguran walaupun bersifat sementara. Mayoritas pekerjaan berupa proyek rabat jalan dan talud. Utamanya, program ini menekankan pada pemberian kerja bagi pengangguran dari masyarakat miskin,” paparnya.

Dalam satu hari, pekerja tersebut diberi upah mulai dari Rp25.000-Rp27.000 tergantung perannya saat pengerjaan proyek. Di satu titik PKD, ada sekitar 28-29 orang pekerja dengan target selesai pembangunan dalam kurun waktu 25 hari kerja.  Sementara usia pekerja minimal 15 tahun. Sebelumnya, program itu telah diadakan di tahun 2009 dan 2010.

JIBI/SOLOPOS/Ayu Abriyani KP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya