SOLOPOS.COM - Suasana Plasa Klaten di tepi Jl. Pemuda, Kamis (12/1/2023). Setelah menunggu bertahun-tahun, Pemkab akhirnya menjalin kerja sama dengan investor untuk mengembangkan pusat perbelanjaan itu. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang menanyakan keberadaan bioskop di Klaten ramai diperbincangkan di media sosial. Menanggapi hal itu, Pemkab Klaten memastikan akan ada bioskop di Plasa Klaten.

Tak tanggung-tanggung, sesuai keinginan Bupati Klaten Sri Mulyani, pengelola Plasa Klaten diminta menghadirkan bioskop berkualitas sekelas Cinema XXI. Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan sejak awal Pemkab mendorong agar Plasa Klaten dilengkapi bioskop.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Dari awal itu menjadi bagian yang kami dorong fasilitas bioskop itu. Kalau kapannya, pasti tahap awal ini mereka fokus renovasi. Tentu ada deal-deal perhitungan dulu [antara pengelola Plasa Klaten] dengan pihak bioskop,” kata Jajang saat ditemui Solopos.com di Bukit Sidoguro, Sabtu (29/4/2023).

Dari komunikasi terakhir, Jajang menjelaskan manajemen pengelola Plasa Klaten baru pilih-pilih bioskop yang akan dihadirkan di pusat perbelanjaan tersebut. “Karena disesuaikan dengan cost budget. Bioskop kan juga berhitung benefit-nya. Jadi banyak pilihan, ada XXI dan lain-lain,” kata Jajang.

Pemkab Klaten tak bisa memaksa manajemen soal pilihan bioskop yang bakal dihadirkan nantinya. “Bahasa kami yang penting ada bioskop. Kami tidak bisa juga memaksakan karena itu menjadi kewenangan mereka. Ini kan business to business. Bukan lagi government to bussiness karena sudah selesai antara Pemda dengan Matahari [pihak pengelola],” kata Jajang.

Pada Januari lalu, sudah ada memorandum of understanding (MoU) antara Pemkab Klaten dengan investor pengembang Plasa Klaten yang bakal berganti nama menjadi Klaten Town Square. Tempat itu dikembangkan menjadi mal dengan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan sebelumnya.

Salah satunya dilengkapi bioskop yang sudah lama tidak bisa dinikmati warga di Klaten. “Salah satu syarat untuk manajemen di sana harus ada bioskop,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten, Anang Widjatmoko, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu.

Proses revitalisasi kawasan Plasa Klaten sudah dimulai sejak Maret 2023 diawali dengan penataan fasad atau tampilan muka. Meski ada revitalisasi, Anang memastikan Plasa Klaten yang berlokasi di tepi Jl Pemuda itu tetap buka termasuk gerai Matahari Department Store di dalamnya. “Mudah-mudahan akhir tahun sudah kelihatan fasadnya,” kata dia.

Mal Kelas Menengah

Soal bioskop, Anang menjelaskan sejak awal Bupati Klaten, Sri Mulyani, mendorong agar pengelola menghadirkan bioskop berkualitas, sekelas Cinema XXI. “Untuk bioskop saat ini dari pihak manajemen PT dalam proses,” kata Anang.

Klaten Town Square bakal menjadi mal kelas menengah. Selain dilengkapi bioskop, pengembangan tersebut ditargetkan bisa menarik tenant-tenant ternama di mal-mal kota besar masuk ke Klaten Town Square.

Tempat tersebut digadang-gadang menjadi pusat perbelanjaan sekaligus rekreasi di Kabupaten Bersinar. Alhasil, warga Klaten tak perlu ke Jogja maupun Solo jika ingin belanja atau sekadar refreshing.

Kawasan Klaten Town Square berdekatan dengan Pasar Gedhe serta Alun-alun Klaten. Kawasan di jantung kota Klaten itu diproyeksikan menjadi pusat ekonomi lengkap dengan ruang publik.

Anang menjelaskan pengembangan Klaten Town Square menjanjikan. Apalagi Klaten bakal dilintasi jalan tol Solo-Jogja dengan tiga pintu exit tol di Klaten.

Sebelumnya, keberadaan bioskop di Klaten kembali ramai diperbincangkan di media sosial setelah putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, menanyakan keberadaan bioskop di Kabupaten Bersinar melalui akun Twitter @kaesangp.

Kaesang memberikan quote tweet pada unggahan video melalui akun Twitter @MafiaWasit. “Yang ga diketahui orang-orang tentang Klaten,” tulis @MafiaWasit. Namun, video yang diunggah berisi tempat-tempat di luar Klaten.

Unggahan itu mendapatkan beragam komentar dari warganet termasuk quote tweet adik Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, itu. “BIOSKOPNYA KLATEN MANAAA?!?!?!?,” tulis @kaesangp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya