SOLOPOS.COM - Operasi pasar elpiji 3 kg. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos/ilustrasi )

Solopos.com, WONOGIRI--Mulai November, penjualan elpiji ukuran tabung tiga kilogram oleh pangkalan harus menggunakan nota. Hal itu dilakukan untuk memastikan harga elpiji di pasaran sesui dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditentukan.

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan sosialisasi pendistribusian elpiji bersubsidi di Ruang Girimanik Kantor Setda Wonogiri, Senin (12/10/2015).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menurut Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Wonogiri, Wahyu Widayati, saat ini beberapa pangkalan elpiji ada yang sudah memberikan nota pembelian kepada pembeli, namun belum diwajibkan.

“Tapi untuk bulan depan sudah harus memberikan nota. Itu ketentuan langsung dari PT Pertamina,” kata dia saat ditemui wartawan di Kantor Setda Wonogiri, Senin.

Melalui cara tersebut diharapkan pemantauan terhadap harga barang lebih mudah. Wahyu mengatakan saat ini HET di pangkalan senilai Rp15.500 per tabung.

“Untuk saat ini pengawasan kami hanya sampai pada pangkalan. Tapi kalau ada pengecer, jika harga di pangkalan sudah sesuai HET, diharapkan harga di pengecer juga tidak terlalu tinggi,” kata dia.

Penggunaan nota pembelian tersebut diberlakukan karena elpiji ukuran tiga kilogram merupakan subsidi dari pemerintah. Untuk itu harga di pasaran juga harus sesuai ketentuan.

“Informasinya distribusi elpiji ukuran tiga kilogram dipantau langsung oleh BPK [Badan Pemeriksa Keuangan]. Bisa jadi pemeriksaannya sampai ke tingkat pengecer. Untuk itu melalui sosialisasi kami sampaikan kepada pangkalan untuk tertib administrasi,” kata dia.

Di sisi lain, Koordinator agen elpiji tiga kilogram Wonogiri, Sigit Destri Andri, mengatakan nota tersebut akan disediakan agen.

“Ada tiga rangkap. Satu untuk pembeli, satu untuk pangkalan sendiri dan satu untuk agen. Kemudian agen akan melaporkan secara rutin tiap bulan ke PT Pertamina,” kata dia saat ditemui wartawan seusai sosialisasi.

Sementara itu, salah satu pengelola pangkalan elpiji ukuran tiga kilogram dari Ngadirojo, Priyanti, mengatakan pihaknya setuju pemerintah berupaya untuk menertibkan harga elpiji sesuai HET yang ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya