SOLOPOS.COM - Kondisi bus BST yang menabrak gapura Keraton Solo di Jurug, Selasa (14/3/2023). (Istimewa/KP Dani Nur Adiningrat)

Solopos.com, SOLOBus Batik Solo Trans (BST) menabrak gapura Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) di kawasan Jurug, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (14/3/2023) pagi. Gapura hancur hingga butuh penanganan khusus karena termasuk objek cagar budaya.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo, KP Dani Nur Adiningrat, mengetahui kejadian itu saat dirinya berkeliling di Kota Solo. Waktu itu, ia mendapati gapura Keraton Solo tertabrak bus BST warna merah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Yang ditabrak objek cagar budaya, gapura Jurug. Saya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, DPUPR [Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang] Solo, Dishub [Dinas Perhubungan] Solo, dan BPCB Jateng [Balai Pelestarian Kebudayaan Jateng-DIY] sudah saya kontak,” kata dia dihubungi Solopos.com.

Menurut dia, penanganan objek cagar budaya berbeda dengan bangunan biasa. Penanganannya harus sesuai objek cagar budaya.

Proses evakuasi bus serta upaya memindahkan material bangunan dihentikan sementara hingga berbagai pihak terkait sampai ke lokasi kejadian.

Dani menjelaskan tidak mengetahui pasti kronologi kejadian kecelakaan. Namun menurut informasi, bus melaju dari arah barat ke timur sekitar pukul 04.00 WIB.

“Korban kelihatannya sopirnya, dibawa rumah sakit,” kata dia.

Dani mengatakan prasasti bangunan gapura Keraton Solo di Jurug menunjukkan gapura didirikan pada era Pakubuwono (PB) X. Kemungkinan gapura sudah ada pada PB sebelumnya namun pembangunan gapura seperti bangunan sekarang dilakukan pada PB X.

“DPUPR Solo rencananya melakukan perawatan gapura dengan pengecatan tahun ini,” ujarnya.

Dia mengatakan gapura Keraton Solo di Jurug baru kali ini ditabrak bus. Kejadian serupa pernah terjadi di Gapura Keraton Solo di kawasan Kleco. Gapura yang ditabrak bus waktu itu terjadi puluhan tahun lalu.

Berdasarkan foto yang dikirim Dani kepada Solopos.com, ada bagian gapura di Jurug yang hancur akibat ditabrak bus BST. Bagian depan bus serta pintu bus sisi kiri rusak. Sejumlah orang melihat kondisi bus serta gapura dari dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya