SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memberikan klarifikasi saat ditanya tingginya angka kemiskinan di Solo dalam diskusi Menakar Peluang Gibran Rakabuming di Pilgub 2024, yang disiarkan live CNN, Senin (23/1/2023) malam.

Dengan nada dan ekspresi sangat serius, Gibran meminta agar pernyataan dan klarifikasinya tidak dipotong. “Ini statemen saya jangan dipotong ya. Ketika saya kali pertama menjabat pertumbuhan ekonomi di Solo minus 1,74%,” ujar dia.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kondisi itu terjadi dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia dan Solo. Gibran mengatakan kondisi pertumbuhan ekonomi minus 1,74% menjadi tantangan besar baginya untuk memulai mengelola Kota Solo.

Namun, dia mengingatkan kondisi serupa, tingginya kemiskinan dan pengangguran tidak hanya terjadi di Solo. Kondisi seperti itu terjadi di semua daerah atau kota. “Pengangguran pasti tinggi di semua kota, kemiskinan juga tinggi,” kata dia.

Tetapi, belum ada dua tahun berjalan, Gibran mengatakan saat ini angka pengangguran dan kemiskinan di Solo sudah sangat berkurang. Penurunan angka kemiskinan dan pengangguran menurut dia bisa dilihat di data terbaru BPS.

“Objektif saja lah. Lihat data BPS, dari BI yang paling baru, pengangguran terbuka sudah sangat-sangat berkurang. Bandingkan dengan kota-kota lain, pertumbuhan ekonomi di Solo 5,8% sampai 6,2%, di atas angka nasional,” terang dia.

Gibran meminta pihak-pihak terkait agar bersikap objektif dengan menggunakan data-data terbaru sebagai parameter pengukur kinerja. Apalagi menurut dia dalam waktu dua tahun terakhir sudah banyak perubahan yang dilakukan di Solo.

“Kalau nyari data-data yang jelek ya ndak ada habisnya. Tapi silakan pakai data terbaru, dan perubahan-perubahan yang terjadi di Solo. Semua mengalami permasalahan sama selama Covid tapi lihat data terakhir, ada perbaikan,” urai dia.

Terkait wacana dia maju sebagai Cagub 2024, Gibran mempersilakan untuk melihat hasil-hasil survei yang sudah ditampilkan ke publik.

Bahkan dia menyebut beberapa hasil survei yang ditampilkan oleh CNN sudah tidak update.

“Ya itu dijadikan salah satu acuan lah,” kata dia. Sedangkan saat ditanya apa yang sudah dibangun di Solo, Gibran menjawab diplomatis dengan tak mau membesar-besarkannya. Dia menyerahkan penilaian atas kinerjanya kepada warga.

“Warga sudah bisa menilai perubahan-perubahan yang terjadi di Solo dalam waktu kurang dari dua tahun. Perubahan-perubahan fisik dan lain-lain. Banyak yang sudah diresmikan, dan sudah dirasakan dan dinikmati. Ya main saja di Solo,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya