SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (baju koko putih), berfoto bersama para peserta halalbihalal di Rumdin Ketua DPRD Solo, Rabu (26/4/2023). (Solopos.com/Kurniawan).

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, enggan menyampaikan pandangannya saat ditanya soal sosok calon wakil presiden (cawapres) ideal pendamping calon presiden (capres) PDIP, Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024.

“Wah aja, aja [jangan, jangan]. Saya enggak berhak menjawab ya [sosok Cawapres ideal bagi Ganjar]. Bukan kapasitas saya untuk menjawab pertanyaan seperti itu,” ungkap Gibran saat diwawancara Solopos.com usai menghadiri halalbihalal di Rumah Dinas (Rumdin) Ketua DPRD Solo di Karangasem, Laweyan, Rabu (26/4/2023) siang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tidak mau salah berbicara bila mengomentari soal sosok cawapres bagi Ganjar Pranowo. Termasuk saat disinggung wacana yang sempat berkembang, tentang Prabowo Subianto akan menjadi cawapres bagi Ganjar.

Gibran bersikukuh tidak mau berkomentar karena hal itu menurutnya bukan wewenangnya.

Dia menyatakan soal cawapres Ganjar merupakan kewenangan para elit atau petinggi partai politik (Parpol) terkait. “Itu nanti yang menentukan ketua-ketua saja ya. Saya enggak berhak menentukan,” terang dia.

Gibran juga mengakui tidak berhak untuk mengomentari tentang sikap Prabowo yang tidak mau menjadi cawapres Ganjar.

Secara diplomatis dia menilai hal itu bukan wewenangnya sebagai kader muda partai. “Saya enggak berhak mengomentari. Itu biar beliau-beliau saja, yang senior-senior saja ya,” tandas dia.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Prabowo Subianto maupun Partai Gerindra menolak tegas dipasangkan sebagai cawapres Ganjar pada Pemilu 2024.

Prabowo beralasan posisi Partai Gerindra sekarang ini sudah cukup kuat. Sementara, dirinya dicalonkan sebagai capres oleh partai, bukan cawapres.

“Partai saya mencalonkan saya sebagai Capres. Partai saya agak kuat juga sekarang,” ungkap dia saat diwawancara wartawan usai bersilaturahmi di kediaman Jokowi di Sumber, Solo, Sabtu (22/4/2023).

Penolakan terhadap opsi Prabowo sebagai Cawapres dari Ganjar juga datang dari jajaran pengurus DPC Partai Gerindra Solo, Selasa (25/4/2023).

Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, menilai penggiringan opini publik soal Prabowo akan menjadi cawapres Ganjar sangat merugikan partainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya