SOLOPOS.COM - Tiga orang petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api saat musibah kebakaran di rumah Kartini yang terletak di Kampung Sidomulyo, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, Minggu (12/3/2023) malam. (Istimewa/Satpol PP Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Musibah kebakaran melanda sebuah rumah milik Kartini, 62, di Kampung Sidomulyo, RT 046/RW 013, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, Minggu (12/3/2023) malam. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran yang diduga bermula dari korsleting tersebut.

Kasi Pemadam dan Keselamatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen, Anton Sujarwo, saat dihubuni Solopos.com, Senin (13/3/2023), mengungkapkan peristiwa kebakaran itu terjadi saat kondisi rumah kosong karena pemilik rumah pergi liburan ke Jogja bersama anak dan cucunya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia melanjutkan salah seorang tetangga tiba-tiba melihat ada asap bercampur api membubung tinggi di atap rumah Kartini.

“Kemudian tetangga korban menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk meminta bantuan pemadaman,” ujar Anton.

Tim pemadam kebakaran langsung bergerak ke lokasi. Tim pemadam bersama warga memadamkan api dibantu aparat yang ada di lokasi.

Selang beberapa saat, kobaran api berhasil dijinakkan. Satu rumah hangus beserta isi rumah, yakni barang elektronik dan surat-surat berharga. Termasuk juga satu unit sepeda listrik yang ikut hangus di bagian depan.

“Kebakaran itu membuat panik warga karena dikhawatirkan api merembet ke rumah tetangga. Asap tebal di depan rumah menghalangi jarak pandang jalan umum. Saat proses pemadaman, kami dibantu aparat TNI, Polri, BPBD, sukarelawan, PLN, Tagana, PMI, dan warga setempat,” ujarnya.

Lurah Sragen Wetan, Sragen, Prima Ady Surya, membenarkan adanya musibah kebakaran tersebut. Dia mengatakan ada saksi mata yang melihat tiba-tiba ada api di bagian atap rumah koran kemudian saksi meminta bantuan warga dan menghubungi petugas pemadam kebakaran.

“Tidak ada korban jiwa. Penyebabnya masih dicari aparat dan kerugian belum diketahui,” ujarnya.

Ketua PSC 119 Sukowati Sragen, Udayanti Proborini, melalui Sekretaris PSC 119 Sukowati Sragen, Nengah Adnyana Oka Manuaba, mengatakan Tim PSC 119 Sukowati melakukan asesmen di lokasi kebakaran setelah mendapatkan laporan.

Dia mengatakan ada dua kamar tidur dan satu ruang keluarga yang hangus terbakar. Dia melanjutkan perabot elektronik, surat-surat penting juga ikut hangus.

“Kejadian sekitar pukul 20.00 WIB dan api bisa dipadamkan pada 21.05 WIB. Kerugian belum diketahui. Diimbau warga selalu waspada terhadap benda atau media yang dapat menimbulkan api,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya