SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat mengunjungi Mohammed bin Zayed University for Humanity di Uni Emirat Arab. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini masih berada di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), untuk mengurus dana hibah dari Presiden UEA, membocorkan sejumlah program atau kegiatan yang akan dibiayai dana hibah tersebut.

Bocoran itu ditulis tangan pada secarik kertas yang kemudian difoto dan dibagikan di grup Whatsapp (WA) wartawan Solo, Kamis (29/12/2022) malam. Di bagian bawah kertas itu tertulis nama hotel The Address Hotel di Downtown, Dubai, UEA.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Alokasi dana hibah antara lain,” tulis Gibran sebelum mengirim foto daftar itu. Pada daftar tersebut tertulis dana hibah dari UEA akan digunakan untuk bantuan sosial, pembangunan Pasar Tunggulsari, dan pasar daruratnya, peningkatan kualitas jalan lingkungan.

Kemudian rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dan penataan Baluwarti. Ada juga program lanjutan pembangunan GOR Indoor Manahan, penyediaan nutrisi ibu hamil berisiko stunting, nutrisi untuk bayi berusia bawah dua tahun berisiko stunting.

Dana hihan dari UEA juga akan digunakan untuk bantuan fasilitas IT Dinas Pendidikan serta penataan kawasan Ngemplak-Tirtonadi. “Itu belum semua,” ungkap Gibran.

dana hibah UEA
Tulisan tangan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tentang program-program yang akan dibiayai dana hibah dari UEA. (Istimewa/Gibran Rakabuming Raka)

Dia juga mengatakan masih ada satu agenda pertemuan atau rapat lagi dengan Menteri Energi UEA. Gibran mengonfirmasi daftar program atau kegiatan yang dia bagikan adalah tulisan tangan dirinya sendiri. “Tulisanku,” klaimnya dia via pesan WA.

Nominal Bantuan

Hal ini menarik karena ternyata Gibran tidak mengandalkan staf atau ajudannya saat harus menulis catatan-catatan penting waktu bekerja. Selain itu melalui tulisan tangan tersebut, karakter atau gaya Gibran sedikit banyak bisa dibaca.

Di sisi lain, Gibran sebenarnya sudah menyebutkan nominal dana hibah yang akan diterima Solo dari UEA. Tapi dia mewanti-wanti agar nominal tersebut tidak dipublikasikan.

Gibran mengaku punya pertimbangan tersendiri agar nominal itu tak dipublikasikan dulu. Berdasarkan perhitungan Solopos.com jika merujuk angka yang disebutkan Gibran saat itu, nilai dana hibah tersebut mencapai ratusan miliar rupiah.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengungkapkan dana hibah dari UEA itu sesuai proposal yang dibuat Pemkot Solo akan disalurkan ke delapan organisasi perangkat daerah (OPD).

Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian, dan Dinas Perdagangan (Disdag). Kemudian Dinas Kesehatan Kota, Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan serta Dinas Pemuda dan Olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya