SOLOPOS.COM - Kondisi sub Terminal Tipe C Pelangi di Jl. Raya Pelangi Perumnas Mojosongo, Solo, Jumat (2/9/2022) pagi. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Rute perjalanan bus Batik Solo Trans atau BST koridor 8 yang melewati dua sekolah yakni SMAN 8 dan SMPN 5 Solo kini lebih panjang setelah adanya perubahan rute oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Solo.

Rute barunya menjadi Sub Terminal Pelangi, Mojosongo-Tipes (Lottemart)-Sriwedari-Sub Terminal Pelangi, Mojosongo yang berlaku mulai Jumat (11/11/2022). Sebelumnya, moda transportasi publik ini melayani rute Tipes (Lotte Mart)-Taman Jayawijaya, Mojosongo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Yulianto Nugroho, mengatakan titik awal rute bus BST koridor 8 dipindah ke Sub Terminal Pelangi, Mojosongo, yang baru saja diresmikan pada awal September.

Rute bus BST Solo koridor 8 juga semakin panjang mulai dari Mojosongo-Tipes-Sriwedari-Mojosongo. “Perubahan rute bus BST koridor 8 diterapkan mulai hari ini [Jumat] pukul 05.00 WIB. Titik awal rute digeser ke Sub Terminal Pelangi, Mojosongo,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat.

Yuli, sapaan akrabnya, menjelaskan beragam pertimbangan perubahan rute bus BST koridor 8. Banyak masyarakat yang melapor ke Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta akses pelayanan transportasi umum.

Baca Juga: Dishub Solo: Tahun Depan BST Berbayar untuk Semua Penumpang, Termasuk Pelajar

Begitu pula dengan Dishub Solo yang menerima usulan dan aspirasi dari masyarakat ihwal penambahan akses pelayanan transportasi umum. Apalagi, ada sejumlah sekolah yang dilewati bus BST koridor 8.

“Ada SMPN 5 Solo dan SMAN 8 Solo yang dilewati rute baru bus BST koridor 8. Jadi bisa memfasilitasi para pelajar saat berangkat dan pulang sekolah,” ujar dia.

Dishub Solo telah menyosialisasikan perubahan rute bus BST Solo koridor 8 kepada masyarakat maupun sekolah, termasuk guru dan siswa. Mereka merespons positif lantaran mendapat kemudahan dalam mengakses pelayanan transportasi umum.

Baca Juga: Meski Gratis, Penumpang Umum BST Solo dan Feeder Wajib Tap Uang Elektronik

Soal pengalihan bus BST koridor 3 dengan rute Terminal Kartasura-Tugu Cembengan melwati Jl dr Radjiman yang akan ditutup untuk pengajian Habib Luthfi pada Rabu (16/11/2022), Yuli menyampaikan bus bakal dialihkan melewati Jl KH Samanhudi sampai simpang empat Jongke.

Penutupan jalan dilakukan saat sore hari hingga malam hari. Rusa Jl dr Radjiman ditutup total saat  pelaksanaan  pengajian akbar di Pondok Pesantren (Ponpes) Az-Zayadiyy di Kelurahan Bumi, Laweyan pada 16 November. “Penutupan jalan hanya sore hari-malam hari. Nanti, bus BST dialihkan melewati jalan lain menuju simpang Jongke,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya