SOLOPOS.COM - Masyarakat mulai melintasi Jembatan Mojo, Solo, Jumat (2/12/2022). Setelah melalui masa perbaikan dalam beberapa bulan terakhir, akhirnya pada Jumat (2/12/2022) Jembatan Mojo kembali dibuka. Dengan dibukanya kembali Jembatan Mojo yang menjadi akses utama dari arah Mojolaban, Sukoharjo ke Kota Solo maupun sebaliknya, warga tidak perlu lagi pusing mencari jalan alternatif lain. (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLOJembatan Mojo Solo yang telah dibuka setelah proses perbaikan pada Jumat (2/12/2022) lalu sempat ditutup lagi pada Kamis (8/12/2022) pukul 22.00 WIB hingga Jumat (9/12/2022) pukul 02.00 WIB untuk uji kekuatan jembatan.

Data pengujian Jembatan Mojo yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu saat ini sudah diterima Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pegawai Staf Bidang Bina Marga DPUPR Kota Solo, Andreawan Setyo, mengatakan ada beberapa catatan dari Kementerian PUPR terkait pengujian yang dilakukan pada malam hingga dini hari itu.

“Untuk garis besar dari hasil pengujian Jembatan Mojo Solo ada perbaikan kapasitas jembatan. Sedangkan untuk hasil detailnya masih menunggu pengolahan data yang dilakukan PUPR, karena hasil pengujian kemarin masih perlu dilakukan pengolahan data, pekan ini hasilnya keluar,” ujar Andreawan kepada Solopos.com, Senin (12/11/2022).

Perbaikan kapasitas jembatan yang direkomendasi Kementerian PUPR sudah dilakukan oleh DPUPR Solo setelah pengujian kekuatan jembatan selesai dilakukan. Perbaikan yang dilakukan juga menurut Andreawan adalah perbaikan yang bersifat minor.

Baca Juga: Pengumuman! Jembatan Mojo Solo Ditutup Lagi Malam Ini untuk Uji Kekuatan

“Kemarin kami sudah lakukan perbaikan seperti pengencangan dan penggantian baut, penggantian elastomer jembatan dan pemasangan stringer untuk menambah kekakuan dari Jembatan Mojo,” terang Andreawan.

Sedangkan lantai jembatan dan aspal yang merupakan perbaikan utama dari Jembatan Mojo, menurut Andreawan, dipastikan aman dan tidak ada masalah. “Kalau untuk aspal dan lantai jembatan tidak kami temukan masalah apalagi kan baru saja diperbaiki,” terang Andreawan.

Sebagai informasi, Jembatan Mojo Solo sejatinya sudah kembali dibuka pada Jumat (2/11/2022) setelah sempat ditutup secara total mulai 26 September 2022 untuk perbaikan dan penggantian lantai. Sebelum diperbaiki, beberapa bagian pelat beton Jembatan Mojo pecah.

Baca Juga: Upah Pekerja Jembatan Mojo Belum Dibayar, DPUPR Solo: Senin Ini Diselesaikan

Karenanya perlu perbaikan pelat beton dan bantalan karet. Selain itu ada pengencangan baut sekaligus penguatan rangka baja. Dibutuhkan waktu selama dua bulan untuk mengerjakan Jembatan Mojo.

Tahap pengerjaan dimulai dengan pemasangan pelat jembatan dan dilanjutkan dengan pengaspalan jembatan. Setelah pemasangan panel lantai ortotropik baja dan baut pengencang rampung, pekerja mengecek kekuatan lantai jembatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya