SOLOPOS.COM - Arus Lalu Lintas Jl Supit Urang Padat saat Libur Hari Waisak

Solopos.com, SOLO—Praktisi hukum cagar budaya Kota Solo, Bambang Ary Wibowo, mengusulkan agar jalan yang berada di depan Pagelaran Keraton Kasunanan Solo dihidupkan lagi.

Hal itu penting untuk mengurangi beban tonase kendaraan umum maupun armada bisnis yang biasa melintasi Jalan Supit Urang Keraton Solo. Bila Jalan Supit Urang tetap dibuka seperti sekarang, dia khawatir dapat mengancam konstruksi fondasi Tembok Keraton Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Area di depan Pagelaran Keraton untuk kendaraan umum, soalnya dulu kan itu untuk jalan. Ini penting untuk menjaga agar beban yang lewat di Jalur Supit Urang tidak berlebihan. Agar tembok Keraton bisa terjaga, terpelihara,” ungkap dia, Minggu (9/7/2023).

Ke depan, menurut Bambang Ary, Jalan Supit Urang sebaiknya dikhususkan bagi orang yang akan masuk ke kawasan Keraton Solo. Dia mengaku masih ingat betul periode 1970-1980 an ketika area depan Pagelaran Keraton Solo digunakan orang untuk jalan umum.

Bila area itu kembali difungsikan untuk jalan, Bambang Ary menilai masih relevan. Sebab lebar area itu lebih kurang enam meter. “Orang lewat Supit Urang harus yang mau masuk Keraton. Pada 1970-1980 di depan Pagelaran masih dipakai jalan umum itu,” imbuh dia.

Mendasarkan hal itu, Bambang Ary menekankan pentingnya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Kawasan dalam rencana revitalisasi Keraton Kasunanan Solo. Sebab dengan begitu kajian yang dilakukan secara menyeluruh kawasan Keraton, tidak parsial.

“Makanya diperlukan Amdal kawasan, bukan Amdal bangunan. Coba bayangkan ketika rombongan wisatawan masuk, ditambah rombongan pedagang Pasar Klewer, menumpuk di depan Gerbang Utara Keraton. Lama kelamaan bangunan itu bisa miring,” urai dia.

Bila Jalan Supit Urang ditutup, menurut Bambang, arus kendaraan umum dari arah utara bisa langsung belok ke barat di tikungan depan Mapolsek Pasar Kliwon. “Jadi dari depan Mapolsek Pasar Kliwon itu belok ke barat, lurus lewat depan Pagelaran,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya