SOLOPOS.COM - Petugas memotong dahan pohon di Jl. Mayor Kusmanto, Solo, Jateng, Kamis (1/10/2020). (Solopos- Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo melakukan pendataan pohon dan merapikan dahan pohon di Jl. Mayor Kusmanto, Solo, Kamis (1/10/2020). Langkah itu diambil DLH Kota Solo sebagai upaya antisipasi pohon ambruk saat musim penghujan. Warga juga diminta proaktif melaporkan ancaman pohon tumbang di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan DLH Kota Solo, Budiyono, menjelaskan menggerakkan petugas taman mendata pohon yang rawan tumbang. Tiga tim perapihan pohon melakukan pemotongan cabang pohon.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bikin Baper, Pria Malaysia Ini Batalkan Semua Kerja karena Sahabat Stroke

“Kami melihat fisik pohon yang kondisinya keropos, mati, dahan lebat, dan ketinggian pohon mengganggu jaringan listrik. Perempelan dahan pohon mulai dari Jl. Slamet Riyadi sampai kawasan Gladak,” katanya.

Proaktif Melapor

Dia menjelaskan, masyarakat dapat aktif melaporkan kondisi pohon yang rawan tumbang di sekitar rumah masing-masing kepada DLH Kota Solo. Diingatkannya, peristiwa pohon tumbang mengancam keselamatan pengguna jalan.

Peneliti China Sebut Radiasi Bulan 200 Kali Bumi, Apa Manfaatnya?

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, Gatot Sutanto, menjelaskan sejumlah pohon Kota Solo tumbuh sejak masa penjajahan Belanda. Karena tuanya usia pohon itu ada frekuensi pohon roboh dan menimpa korban.

Diakuinya, usia pohon di wilayah kabupaten-kabuapten di eks Keresidanan Surakarta atau lazim disebut sebagai wilayah Soloraya lebih awet dibandingkan dengan pohon yang tumbuh di wilayah Kota Solo.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya