SOLOPOS.COM - Lomba vlog/video pendek DLH Sukoharjo. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukoharjo menggelar kompetisi vlog dan video pendek bagi pelajar dan remaja berusia 7-17 tahun (per 26 Juni 2023) yang berdomisili di Sukoharjo. Kompetisi berhadiah jutaan rupiah ini mengusung tema “Peran, Ancaman, dan Tindakan Pengelolaan Keaneragaman Hayati (Kehati) di Kabupaten Sukoharjo”.

“Sampai hari ini sudah ada 25 pendaftar, pendaftaran gratis. Sebelumnya pendaftaran hanya sampai Kamis (15/6/2023) tetapi kami perpanjang untuk membuka kesempatan hingga Senin (26/6/2023). Pendaftaran sudah dibuka sejak 21 Maret 2023 lalu,” jelas Kepala DLH Kabupaten Sukoharjo, Agus Suprapto, Jumat (16/6/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Agus mengatakan durasi vlog/video pendek yang dikirimkan maksimal 3 menit dengan materi keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna. Misalnya vlog/video pendek yang menceritakan jenis, fungsi, ancaman, dan pengelolaan keanekaragaman hayati yang ada di taman/hutan/pekarangan di wilayah Sukoharjo.

Tak hanya itu, peserta juga bisa membuat vlog/video pendek yang mengandung unsur manfaat ragam tanaman apotek hidup di Kabupaten Sukoharjo. Peserta juga dapat menceritakan soal embung/sungai/ekosistem lain yang ada di Sukoharjo. Bisa juga mengeksplorasi tema tersebut dalam ragam lainnya. Namun konten tersebut tidak boleh mengandung unsur SARA maupun pornografi.

Peserta diperbolehkan mengajukan vlog/video pendek secara individu maupun kelompok dengan maksimal anggota lima orang. Vlog/video pendek tersebut bisa diunggah melalui akun Instagram pribadi maupun sekolah.

Peserta lomba harus membubuhkan hastag #KEHATIDLHSUKOHARJO2023, mengikuti [follow] serta menandai [tag] akun Instagram Bidang Tata Lingkungan DLH Sukoharjo yakni @bidang_tata_lingkungan.

“Batas akhir pengiriman konten Senin [26/6/2023] pada pukul 15.00 WIB. Pendaftaran bisa dilakukan melalui http:bit.ly/PendaftaranLombaKehati,” jelas Agus.

Video yang telah dikirimkan menjadi hak milik panitia atau DLH Sukoharjo. Apabila konten tidak memenuhi persyaratan, dewan juri berhak mendiskualifikasi dan keputusannya bersifat mutlak. Bagi peserta yang ingin mengunduh persyaratan dapat membuka link pada http:bit.ly/SyaratdanKetentuanLombaKehati.

Penjurian lomba tersebut akan dimulai pada 3 Juli 2023 mendatang. Dengan kriteria penilaian yakni mengandung unsur edukasi sesuai tema, kesesuaian dengan syarat dan ketentuan, orisinalitas, konsep dan kreativitas dalam menggunakan audio visual, serta kualitas video dan audio. Pengumuman pemenang akan diinformasikan pada 5 Juli 2023 mendatang.

Sementara hadiah bagi peserta yang meraih juara I akan memperoleh uang tunai senilai Rp5 juta, juara II senilai Rp3 juta, dan juara III senilai Rp1,5 juta. Bagi peserta yang tak memperoleh juara juga berkesempatan memenangkan juara favorit I berdasarkan jumlah like terbanyak dengan hadiah Rp750.000. Selain itu, bagi konten yang menonjolkan keunikan dan kearifan lokal terbaik juga berkesempatan memenangkan hadiah Rp750.000 sebagai juara favorit II.

Menurut Agus, lomba ini sebagai upaya DLH untuk mengedukasi pelajar agar turut berkontribusi menjaga lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya