SOLOPOS.COM - Dua unit angkutan dari DAMRI jenis Toyota Hiace terparkir di kawasan Dukuh Ngringin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang yang menjadi pintu masuk menuju Dukuh Girpasang, Selasa (29/3/2022). DAMRI mulai mengoperasikan angkutan khusus wisata menuju ke kawasan Girpasang. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Angkutan khusus wisata menuju ke Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang resmi dioperasikan, Rabu (30/3/2022). Setelah Girpasang, DAMRI juga berencana mengoperasikan angkutan khusus wisata dengan rute ke Rawa Jombor.

General Manager DAMRI Cabang Yogyakarta, Boy Aryadi, mengatakan pertimbangan pengoperasian bus khusus wisata itu sebagai bagian upaya mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur dan sekitarnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tarif setiap penumpang yang ingin naik angkutan khusus wisata ke Girpasang senilai Rp30.000. Tarif tersebut berlaku sekali jalan. Hingga kini, jam pemberangkatan masih dibahas lebih lanjut.

Baca Juga: Ini Dia Keunikan Rawa Jombor dan Girpasang Klaten yang Dilirik DAMRI

“Kami tanya warga kontinuitas wisatawan yang belum terjaga. Karena transportasinya mereka hanya datang sekali sudah. Ini yang kami jembatani,” kata Boy saat ditemui seusai peluncuran bus wisata ke Girpasang, Selasa (29/3/2022).

Di tahap awal, ada dua unit angkutan khusus wisata yang dioperasikan dengan rute menuju ke Girpasang. Bus tersebut menuju ke perkampungan terdekat menuju dukuh di lereng Gunung Merapi itu. Jenis kendaraan yang digunakan yakni Toyota Hiace. Kapasitas angkutan tersebut yakni 14 penumpang.

Lokasi pemberangkatan di Klaten dari Terminal Ir. Soekarno Klaten, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah. Keberangkatan juga bisa dilakukan dari DIY melalui kantor Perum DAMRI berlokasi di Jl. Ring Road Timur Banguntapan, Bantul, DIY.

Baca Juga: Bus DAMRI Menuju Rawa Jombor dan Girpasang Bisa Muat Berapa Orang Ya?

Rawa Jombor

Selain Girpasang, DAMRI juga berencana mengoperasikan angkutan khusus wisata dengan rute ke Rawa Jombor. Hanya, rute ke Rawa Jombor itu belum dibuka.

“Untuk Rawa Jombor belum. Sementara kami ke Girpasang dulu. Mungkin menjelang Lebaran atau setelah Lebaran saat peak season kami jalankan semua. Karena unitnya sudah disiapkan ke kami, ada dua unit. Nanti tergantung demand. Kalau demand bagus akan kami tambahkan,” kata Boy Aryadi.

Area Manager Divisi Regional II Perum DAMRI Semarang, Suyanto, mengatakan soal trip angkutan wisata biasanya menyesuaikan antusias pengunjung.

Baca Juga: Ada Bus Wisata Jurusan Rawa Jombor dan Girpasang, Berapa Tiketnya?

“Kami akan selalu survei. Pada intinya kami mendukung program di pemerintah daerah,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya