SOLOPOS.COM - Kolaborasi dosen dan mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo dalam grup musik The Adhika Project. (Istimewa).

Solopos.com, SUKOHARJO — Univet Bantara Sukoharjo yang diklaim sebagai kampus terbesar di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, ternyata tidak sekadar institusi pendidikan.

Univet Bantara Sukoharjo juga jadi tempat para mahasiswa menimba ilmu akademik. Kampus yang terletak di Jombor, Bendosari, Sukoharjo, ini juga menyimpan banyak talenta di bidang seni, salah satunya musik.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Baru-baru ini, kolaborasi dosen dan mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo dalam grup musik The Adhika Project merilis single lagu bergenre pop-rock dengan judul Belajar Melupakanmu.

Lagu ini telah dirilis di semua platform musik dunia sejak, Jum’at (29/9/2023), termasuk di Spotify. The Adhika Project  digawangi Dosen FISH Univet Bantara, Adhika Prasetya, yang menjadi pemain keyboard, piano, gitar, dan jadi komposer.

Adhika yang sejak lama bergelut di Industri musik menemukan banyak talenta musik yang sama antara dirinya dengan mahasiswa di kampusnya.

Sang dosen kemudian mengajak kolaborasi dosen lain di FKIP Univer Bantara yakni Icha Rohsulina, Dosen Fakultas Pertanian yakni Fathul Anwar, dan mahasiswa FISH Univet Bantara yakni Danang Satria.

Ketiganya dinilai memiliki karakter vokal yang khas dan kuat. Mereka pun berkolaborasi merekam lagu Belajar Melupakanmu dalam bendera Band The Adhika Project.

Sebelumnya, The Adhika Project sendiri telah merilis empat single lagu di berbagai Platform Musik Digital Nasional serta Internasional.

Adhika dibantu oleh Sound Engineer andal Kota Solo, Muhammad Hafidz, menggodok lagu ciptaannya tersebut di Sev Studio Solo, selama sepekan pada Agustus 2023.

Setelah semua part musik selesai, awal September 2023 lalu semua penyanyi yang terlibat satu per satu merekam part vokal mereka.

Lagu yang banyak terpengaruh dari musik-musik Air Supply, Chicago, Dewa 19, dan Ada Band ini lalu memulai proses mixing dan mastering pada pekan kedua September 2023.

Setelah musik matang dan final selesai, label rekaman bernama Nusa Music mendaftarkan lagu tersebut agar diunggah di berbagai platform musik kelas atas dunia.

Akhirnya lagu tersebut mulai dirilis di Spotify, Apple Musik, dan Amazon musik pada akhir September lalu. Kemudian menyusul di Platform lain, mulai Oktober 2023.

Adhika mengatakan, Belajar Melupakanmu bercerita tentang perasaan perih dan penyesalan seseorang yang sudah ditinggal pergi kekasihnya, yang saat ini sudah bersama pasangan yang lain.

Nuansa notasi dan aransemen 80 dan 90-an sangat ditonjolkan pada lagu ini. Penggunaan string orkestra dan melodi gitar rock pada bagian interlude juga memperkuat suasana musik pop-rock pada era 80 dan 90-an.

The Adhika Project

The Adhika Project merupakan proyek musik yang digagas oleh Adhika Prasetya sebagai seorang music director, keyboardist, dan pencipta lagu.

Didirikan pada 20 Februari 2022 di Kota Solo, The Adhika Project memang diproyeksikan untuk menjadi grup musik rekaman.

Cikal bakal grup musik ini berawal saat pandemi Covid 19 pada 2020. Adhika sebagai yang saat itu tinggal di Jakarta sudah aktif bermusik sejak 1999.

Sejak tahun itu, Adhika melanglang buana dari kafe ke kafe di Semarang, Jawa Tengah ingin serius menekuni kariernya sebagai musikus.

Sembari melakukan pekerjaan kantor dari rumah, ia mengasah kreativitas dengan menciptakan lagu-lagu original. Sepanjang 2020-2021, terciptalah sekitar 15 lagu original.

Sebanyak tiga lagu yang sudah telah direkam dan dirilis bersama grup musiknya sebelumnya yakni ASA Music. Grup musik tersebut beranggotakan Adhika pada bagian keyboard & piano, serta Syukri Mazid sebagai lead vocal.

Lagu-lagu tersebut sudah dirilis di semua platform musik, seperti Spotify, Joox, Apple Music, dan lainnya serta telah mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari para pencinta musik Tanah Air.

Memutuskan untuk pindah ke Kota Solo, Adhika Prasetya berusaha meniti karier lagi sebagai musikus dengan nama grup band baru The Adhika Porject pada 2021.

Sembari bermusik secara regular di beberapa Kafe, Adhika mematangkan beberapa lagu yang telah tercipta.

Pada Juli 2022, akhirnya The Adhika Project merilis single pertamanya berjudul Kamulah Rumahku. Tak disangka lagu ini mendapat sambutan hangat di Youtube dan telah ditonton lebih dari 6.000 orang.

Kemudian, pada September, The Adhika Project merilis single kedua yakni Rindu pada September 2022. Lagu ini juga mendapatkan sambutan yang bagus di Platform Youtube.

Menggandeng Muhammad Hafidz dari Sev Studio Solo selaku gitaris dan drummer, The Adhika Project lalu merekam single ketiganya.

Kali ini mengusung konsep featuring yakni Adhika mengajak Pey Oktav dan Chimot Rizal, dua orang musikus terkenal di Solo untuk ikut serta terlibat dalam single ketiganya.

Lagu Tanpamu akhirnya dirilis dan cukup meledak di Soloraya dan sekitarnya.

Hingga tiba saatnya, Adhika yang juga berprofesi sebagai dosen menangkap bakat terpendam mahasiswanya yakni Danang Satria.

Adhika tertarik mengajaknya Danang dalam proyek single ke-4 The Adhika Project, berjudul Penggemar Fanatikmu.

Lagu ini direkam selama 3 pekan, karena ingin mendapatkan format, aransemen, dan sound terbaik. Lagu ini kemudian dirilis pada 24 Desember 2022, dan tak disngka mendapatkan respons yang luar biasa dari para penggemar musik di Jawa Tengah.

Lagu ini meledak, dan dinobatkan sebagai salah satu lagu terbaik pada periode Januari oleh salah satu Radio di Jawa Tengah. The Adhika Project pun diundnag untuk melakukan sesi wawancara dan Live Music di Radio tersebut.



Kepopuleran lagu ini mengundang ketertarikan sebuah label musik dari Kalimantan Barat, Nusa Records. Lalu Nusa Records memberikan penawaran untuk semua lagu-lagu The Adhika Project yang bisa ditayangkan di semua platform musik di seluruh dunia.

Kesempatan emas ini datang saat The Adhika Project yang tengah merekam single ke-5 mereka berjudul Kukira Selamanya. Lagu ini masih menggandeng Danang Satria di sektor vokal.

Lagu yang bertemakan perpisahan di antara dua insan yang dulunya saling mencintai ini, banyak terpengaruh sound-sound era 80-an. Lagu dirilis resmi pada 7 Maret 2023 di semua platform music digital bernama Bersama.

The Adhika Project bertekad untuk terus tetap berkarya dengan berupaya menghadirkan kembali romantisme lirik dan aransemen musik pop-rock era 80 dan 90-an seperti Chicago, Toto, Air Supply, Bryan Adams, Michael Learns to Rock, dan lain sebagainya.

Video Klip

Tak hanya lagu, The Adhika Project juga akan merilis video klip lagu Belajar Melupakanmu yang disutradarai oleh Romario Varera dan Hanang Purdiansyah pada Jum’at (6/10).

Video klip dirilis eksklusif di kanal YouTube The Adhika Project. Cerita video klip ini sangat sejalan dengan lirik dari lagu yang masih ada kaitan dan benang merah dengan dua video klip sebelumnya.

Lokasi syuting video klip ini berada di Kota Solo, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Sukoharjo.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya