SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Solo, YF Sukasno (Dok. SOLOPOS)

Ketua DPRD Solo, YF Sukasno (Dok. SOLOPOS)

Solo (Solopos.com)–DPRD Kota Solo sepakat melaksanakan penghematan anggaran hingga mencapai Rp 500 juta lebih dalam anggaran perubahan tahun ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Demikian disampaikan Ketua DPRD Solo, YF Sukasno, Selasa (16/8/2011) lalu. Sukasno mengatakan penghematan anggaran tersebut diperoleh dari pencoretan sebagian anggaran untuk dana pengabdian serta tunjangan perumahan.

”Dengan mepetnya dana yang tersisa dalam anggaran perubahan, DPRD sudah berupaya melaksanakan penghematan. Dana yang terkumpul melalui upaya penghematan itu lumayan besar, sampai mencapai Rp 500 juta lebih,” ujarnya.

Dia menambahkan khusus untuk dana pengabdian yang rencananya diberikan kepada anggota DPRD yang diberhentikan alias mengalami pergantian antarwaktu (PAW) sebagian besar dicoret. ”Jadi rencananya dana pengabdian diberikan kepada 40 anggota DPRD. Namun setelah kami lakukan pencermatan kan ya tidak semua anggota DPRD bakal di-PAW kan,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pencermatan, imbuh Sukasno anggaran PAW hanya dialokasikan untuk 11 orang anggota DPRD. Melalui upaya penghematan tersebut, imbuh dia, DPRD bisa menghemat anggaran hingga Rp 358 juta. Bukan hanya dana pengabdian, dia menuturkan legislatif juga berhemat dari pos tunjangan perumahan.

Pada awalnya DPRD menganggarkan per anggota Dewan mendapat Rp 4 juta/bulan untuk tunjangan perumahan. Namun, rencana pengalokasian anggaran senilai Rp 4 juta/anggota DPRD gagal lantaran peraturan pemerintah (PP) yang mengatur mengenai hal itu hingga saat ini belum terbit.

Dengan belum adanya payung hukum untuk penambahan tunjangan perumahan, tunjangan perumahan anggota DPRD belum mengalami perubahan yaitu Rp 3,5 juta/bulan.

(aps)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya