SOLOPOS.COM - ASN Pemkot Solo Agus Irawan yang digadang-gadang maju di Pilkada Boyolali 2024. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Komisi I DPRD Solo buka suara terkait adanya aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Solo, Agus Irawan, yang disebut-sebut bakal maju Pilkada Boyolali 2024.

Seperti disampaikan Ketua Komisi I DPRD Solo, Suharsono, saat dihubungi Solopos.com melalui telepon, Kamis (6/6/2024) sore. Dia menegaskan seorang ASN aktif tak boleh memasang baliho-baliho dalam kontestasi Pilkada. Sebab ASN tidak boleh berpolitik.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Jadi kalau dia masih ASN aktif, itu mestinya tidak etis ya ketika belum mengundurkan diri dia memasang baliho-baliho dalam kontestasi Pilkada di Boyolali. Karena ASN prinsipnya dalam UU ASN tidak boleh berpolitik kan,” ungkap politikus PDIP tersebut.

Disinggung apabila pemasang baliho bukan ASN bersangkutan melainkan pendukungnya, Suharsono menyebut alasan itu tidak logis. “Saya kira alasan yang memasang bukan ASN, tapi penndukung, bukan alasan logis, hanya alibi pembenaran saja,” tutur dia.

Suharsono menilai mestinya ASN bersangkutan bisa mengendalikan para pendukungnya untuk tidak memasang baliho. “Banyak alasan yang seperti itu, yang memasang baliho pendukungnya. Tapi kan yang jadi objek dia, mestinya bisa mengendalikan,” urai dia.

Lebih jauh Suharsono menjelaskan ASN tetap mempunyai hak politik untuk memilih dan dipilih. Artinya hak sebagai warga negara tidak dihilangkan untuk ikut kontestasi politik. Tapi bila akan melakukan hal itu menurut dia tak boleh dengan serampangan.

ASN bersangkutan, Suharsono menyatakan harus mengundurkan diri bila akan ikut kontestasi Pilkada. “Hak sebagai warga negara tidak dihilangkan. Tapi bagaimana untuk bisa terlibat dalam kontestasi itu? Ya dia harus mengundurkan diri,” tandas dia.

Perihal kapan atau waktu ASN harus mengundurkan diri ketika akan ikut kontestasi politik, Suharsono menyebut sudah diatur dalam Permendagri dan PKPU.

“Sudah diatur dalam ketentuan-ketentuan tersebut. Tapi saya belum pelajari semua,” kata dia.

Sebelumnya nama Agus Irawan beberapa hari terakhir santer disebut-sebut bakal maju Pilkada Boyolali 2024. Bahkan DPC Partai Gerindra Boyolali sudah menyatakan dukungannya kepada Agus untuk berkontestasi tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya