SOLOPOS.COM - Pengendara motor melewati jalan rusak yang sudah bertahun-tahun belum tersentuh perbaikan di wilayah Desa Gilirejo, Kecamatan Miri, Sragen, belum lama ini. (Istimewa/Pemuda Desa Gilirejo)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen mendapat alokasi Rp132,28 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan tahun ini. Ada 28 ruas jalan yang akan dibangun dengan dana Rp122,08 miliar. Sisanya untuk membangun tiga jembatan dan rehabilitasi satu jembatan.

DPU Sragen juga mendapat Rp118 miliar untuk membangun gedung. Dana selebihnya digunakan untuk kegiatan program air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas), sumber daya air, sanitasi, dan drainase.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala DPU Sragen, Raden Suparwoto, menjelaskan anggaran untuk pamsimas Rp10,6 miliar dari pemerintah pusat langsung diberikan ke kelompok masyarakat. Dana sanitasi juga merupakan hibah dari pemerintah pusat dengan total Rp6,3 miliar. Kemudian dana program sumber daya air Rp3,5 miliar dan drainse Rp1,1 miliar.

“Pembangunan gedung direncanakan ada enam unit dengan alokasi anggaran cukup besar. Pembangunan gedung Pemda terpadu menyerap anggaran terbesar Rp98 miliar. Kemudian untuk pembangunan dua kantor kecamatan masingt-masing menelan Rp5 miliar,” ujar Woto, sapaan akrabnya saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (21/1/2023).

Dua kantor kecamatan yang akan dibangunan tahun ini terdiri yakni Miri dan Gesi masing-masing Rp5 miliar. Dua kantor kelurahan, yakni Ngembatpadas di Kecamatan Gemolong dan Kroyo di Kecamatan Karangmalang juga akan dibangun tahun ini dengan dana masing-masing Rp2,9 miliar.

“Kemudian ada pembangunan rumah dinas Camat Jenar senilai Rp300 juta. Ternyata memang masih banyak camat yang belum punya rumah dinas, seperti Mondokan, Plupuh, Kalijambe, Kedawung, Sambungmacan, dan Sragen,” katanya.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Albert Pramono Soesanto, mengatakan pekerjaan peningkatan jalan belum dilelang.  “Kami sekarang baru penyusunan dokumen untuk persiapan lelang proyek Kantor Pemda terpadu yang rencana tayang pekan depan,” ujarnya.

Berikut rencana pembangunan jalan dan jembatan yang dilakukan DPU Sragen 2023:

Pembangunan jalan 28 ruas                                                                    Rp122,08 miliar

Pembangunan Jembatan di 2023

  1. Jembatan Citran, Kalijambe-Trobayan                                       Rp1,4 miliar
  2. Jembatan Pengkol, Kecamatan Tanon, Sragen                         Rp4,6 miliar
  3. Jembatan Kedungwaduk, Karangmalang, Sragen                    Rp3,9 miliar

Rehab jembatan di 2023

  1. Rehab Jembatan Wonorejo, Kedawung, Sragen                       Rp300 juta

Total Anggaran Jalan dan Jembatan                                         Rp132,28 miliar

Sumber: DPU Kabupaten Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya