SOLOPOS.COM - Pembangunan pendapa rumah dinas Bupati Karanganyar sudah memasuki tahapan pemasangan rangka. Proyek tersebut terus dikebut dan ditarget selesai 30 Desember ini. Foto diambil pada Rabu (7/12/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar tancap gas untuk mempersiapkan proyek di 2023. Ada empat proyek miliaran rupiah yang ditarget sudah mulai dikerjakan tepat di awal tahun depan.

Saat ini empat paket pekerjaan tersebut dalam tahapan proses lelang. Tiga proyek di antaranya berupa pembangunan jalan. Satu lainnya adalahpembangunan kantor Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar, Asihno, mengatakan tiga paket pekerjaan jalan itu yakni antara lain pembangunan ruas Macanan-Pulosari senilai Rp3,3 miliar, ruas Beji-Pojok Rp2,96 miliar, dan ruas Gebyok-Munggur Rp1,87 miliar.

“Proyek pembangunan jalan sebagian dibeton dan ada yang peningkatan biasa,” kata Asihno dijumpai di kantor Setda Karanganyar pada Senin (26/12/2022).

Selain tiga paket pekerjaan jalan tersebut, proyek pembangunan kantor Dispertan PP juga akan dikerjakan awal tahun. Untuk pembangunan kantor Dispertan PP anggaran yang digelontorkan mencapai Rp5,8 miliar. Anggarannya bersumber dari dari dana alokasi umum (DAU).

Baca Juga: Pemasangan Mahkota RM Said di Pendapa Rumdin Bupati Karanganyar Hampir Rampung

Tahapan proses lelang telah dilakukan. Targetnya proyek pembangunan tersebut bisa dikerjakan tepat di awal tahun nanti. Dengan demikian bisa segera memberikan manfaat bagi masyarakat. Terutama proyek infrastruktur jalan yang secara langsung dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Mudah-mudahan proses lelang lancar. Lelang bisa selesai akhir tahun ini, dan awal tahun sudah berjalan pengerjaannya,” kata Asihno.

Di sisi lain, menjelang tutup tahun, masih ada beberapa proyek yang belum selesai. Proyek itu di antaranya pembangunan Gedung Kebudayaan dan rumah dinas bupati tahap II.

Proyek pembangunan gedung kebudayaan secara progress pengerjaan sudah mencapai 98%. Sedangkan pembangunan rumah dinas bupati tahap II meliputi pendapa, gedung PKK, dan mes ajudan hampir selesai. Pemkab optimistis proyek tersebut rampung pada 30 Desember 2022 ini.

Baca Juga: Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning Karanganyar Diresmikan di Malam Tahun Baru

Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan cuaca ekstrem mempengaruhi pengerjaan sejumlah proyek. Akibatnya, sejumlah proyek meleset dari target. Seperti pembangunan Gedung Kebudayaan yang meleset dari jadwal kontrak kerja yang seharusnya rampung pada 22 Desember lalu.

“Kontraktor sudah kenai penalti denda. Ya ini masih berjalan dendanya,” katanya.

Titis mengatakan proyek pembangunan Gedung Kebudayaan tinggal menyisakan pemasangan plafon dan pengaspalan jalan. Ditargetkan penyelesaian pembangunan tersebut rampung akhir tahun nanti. Untuk mengantisipasi proyek molor di tahun depan, Pemkab mempercepat proses lelang untuk kegiatan fisik 2023 dibuka sejak akhir tahun ini.

“Jadi tepat awal tahun proyek 2023 sudah bisa dikerjaan. Tanggal 2 Januari nanti kita rencananya peletakan baru pertama untuk proyek 2023 seperti kantor Dispertan PP dan pembangunan jalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya