SOLOPOS.COM - Pekerja memperbaiki jalan raya Solo-Jogja yang mengalami kerusakan di Desa Meger, Kecamatan Ceper, Klaten, Senin (3/4/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten saat ini tengah mengebut pekerjaan perbaikan jalan yang masuk 23 paket pekerjaan pemeliharaan rutin agar selesai sebelum cuti bersama Lebaran.

Kepala DPUPR Klaten, Suryanto, mengatakan 23 paket pemeliharaan rutin jalan itu yang dianggarkan senilai total Rp10 miliar itu sebagian besar sudah dimulai dalam awal pekan ini. Suryanto menjelaskan pekerjaan perbaikan jalan pada paket pemeliharaan itu tersebar ke berbagai wilayah kecamatan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Namun, perbaikan itu tidak menyasar jalan yang masuk kesepakatan dengan PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) untuk dilewati truk pengangkut tanah uruk tol Solo-Jogja. Perbaikan jalan rusak di ruas yang dilewati truk uruk tol menjadi tanggung jawab pelaksana proyek tol.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman Layanan Pengadaaan Barang dan Jasa secara Elektronik (LPSE) milik Pemkab Klaten, 23 paket proyek pemeliharaan itu menyasar ruas jalan di berbagai kecamatan dengan perincian sebagai berikut:

Paket 1: Klaten Utara dan Kalikotes
Paket 2: Kalikotes dan Trucuk
Paket 3: Kalikotes dan Wedi
Paket 4: Klaten Tengah, Bayat, Wedi, dan Klaten Selatan
Paket 5: Klaten Selatan dan Karangnongko
Paket 6: Ceper dan Polanharjo
Paket 7: Delanggu dan Ceper
Paket 8: Wonosari
Paket 9:  Wonosari
Paket 10: Polanharjo, Tulung, dan Wonosari
Paket 11: Jatinom
Paket 12: Ngawen, Jatinom, dan Karangnongko
Paket 13: Jatinom dan Tulung
Paket 14: Tulung
Paket 15: Cawas
Paket 16: Pedan
Paket 17: Trucuk, Cawas, dan Bayat
Paket 18: Karangdowo
Paket 19: Cawas
Paket 20: Trucuk dan Pedan
Paket 21: Kemalang
Paket 22: Karangnongko, Manisrenggo, dan Jogonalan
Paket 23: Jogonalan, Prambanan, dan Gantiwarno

Data dari DPUPR Klaten, sebagian ruas jalan yang disasar pemeliharaan itu merupakan jalur alternatif mudik Lebaran. Misalnya ruas jalan wilayah Kecamatan Manisrenggo yang kini mengalami kerusakan parah.

Ruas jalan itu menjadi jalur alternatif yang menghubungkan Sleman, DIY, dengan Klaten. Kemudian ada juga ruas jalan di jalur sisi selatan Klaten.

Selain di ruas jalan kabupaten, pemeliharaan dilakukan pada ruas jalan nasional yakni jalan raya Jogja-Solo yang sebenarnya merupakan kewenangan pemerintah pusat. Misalnya pada ruas jalan raya Jogja-Solo antara simpang empat Karangwuni hingga simpang empat Penggung yang tengah dikerjakan pada Senin (3/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya