SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO-Buruknya sistem drainase di kawasan Solo utara beberapa kali menimbulkan genangan cukup parah di kawasan Solo Utara, selama musim penghujan ini. Berdasar pengamatan Espos genangan air selalu muncul bila hujan deras mengguyur di jalan Kampung Mipitan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ironisnya genangan air yang berasal dari luapan saluran air itu mencapai ketinggian 50 sentimeter atau lutut orang dewasa. Akibatnya saat hujan deras, jalan kampung yang menghubungkan Mojosongo dengan Jebres timur itu sering terputus selama beberapa menit. Kondisi itu diakui Ketua RT 003/RW 029 Mipitan, Sugianto kepada Espos, Senin (16/1/2012).

Menurut dia genangan air muncul karena saluran drainase overload. Air yang datang jauh lebih banyak dari kapasitas tampung saluran drainase. Saluran drainase di lingkungan RT 003/029 Mipitan juga menampung buangan air hujan dari daerah RT 007/RW 029, RT 005/RW 029 dan RT 004/RW 029.

“Saluran air kurang dalam dan lebar. Di samping itu saluran yang melintasi permukiman relokasi hingga sungai terlalu kecil,” katanya. Dia mengusulkan pelebaran dan pendalaman saluran air untuk mengatasi persoalan genangan.

Persoalan genangan air hujan juga selalu muncul di sebagian Jl Kol Sugiyono tepatnya dari Palang Joglo hingga Pos TPR di Kadipiro. Kondisi serupa terjadi di Jl Sumpah Pemuda tepatnya depan Kampus Unisri.Situasi berbahaya karena genangan air hujan terjadi di Jl Jaya Wijaya dan Jl Tangkuban Perahu di Kelurahan Mojosongo.

Kabid Drainase DPU Solo, Budi Santosa mengakui masih terjadi genangan air bila hujan turun. Namun menurut dia lama genangan relatif singkat, tidak lebih dari satu jam. Untuk mengurangi genangan perlu penambahan lubang inlet hingga mendekati jumlah ideal. JIBI/SOLOPOS/Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya