SOLOPOS.COM - Viaduk Gilingan dibuka pada 27 Mei mendatang dan saat ini pelaksana proyek mengebut penyelesaian proyek tersebut. (Instagram/@btp_semarang)

Solopos.com, SOLO–Dua proyek dari 17 prioritas pembangunan Kota Solo dibawah pimpinan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka molor, yakni revitalisasi Lokananta dan Viaduk Gilingan, Solo.

“Lokananta molor sepekan, maaf ya, kendalanya pembangunan dan cuaca,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (19/5/2023).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Gibran menjelaskan rencana semula Lokananta dibuka akhir Mei 2023 menjadi awal Juni 2023. Tersedia sejumlah konter permanen yang digunakan UMKM Kota Solo untuk meramaikan Lokananta setelah direvitalisasi.

“Kayaknya sudah penuh. Yang tahu secara detail Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo,” jelas Gibran. Adapun Festival Lokananta 2023 yang pada Sabtu-Minggu (27-28/5/2023) menjadi Sabtu-Minggu (3-4/6/2023).

Pengumuman resmi Festival Lokananta 2023 itu juga disampaikan Gibran melalui media sosialnya. Alasan penundaan dikarenakan masih berlangsungnya proses renovasi fisik, sarana, prasarana, keselamatan, kenyamanan, serta kesehatan seluruh penonton acara.

“Sehubungan dengan adanya perubahan jadwal acara ini mengakibatkan terjadinya pergantian line up Festival Lokananta 2023 yang sudah diumumkan sebelumnya. Informasi terkait line up terbaru akan kami rilis secepatnya dalam beberapa hari ke depan,” tulisnya.

Seluruh tiket yang sudah dibeli pada periode sebelumnya akan tetap berlaku untuk festival Lokananta 2023. Ada opsi pengembalian dana (refund) juga kami tengah persiapkan bagi mereka yang berhalangan hadir nantinya. Informasi lebih lanjut segera disampaikan.

Selain pembukaan Lokananta molor, jadwal pembukaan kembali Jl A Yani, Solo, tepatnya Viaduk Gilingan Solo yang semula 27 Mei 2023 mundur sampai Juni 2023. Viaduk Gilingan adalah bagian pekerjaan dari proyek Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo.

“Kemungkinan ada penyesuaian, karena ada sinkronisasi desain untuk sumpit rumah pompa dengan dinas terkait. Sehubungan dengan kemudahan maintenance/perawatan pasca konstruksi,” kata Site Manager Renovasi Viaduk Gilingan Niko Herlambang melalui Whatsapp, Senin (22/5/2023).

Niko menjelaskan belum bisa memastikan kapan Viaduk Gilingan dibuka kembali. Timnya akan rapat dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo besok terkait sinkronisasi rencana penutupan simpang Joglo.  “Semoga masih bisa di awal-awal Juni,” ujarnya.

Adapun 17 prioritas pembangunan Kota Solo, adalah Pembangunan Masjid Sheikh Zayed, pembangun Islamic Center, Revitalisasi Solo Technopark, Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo. Kemudian revitalisasi Ngarsapura dan Koridor Gatot Subroto, Revitalisasi Solo Safari, pembangunan Selter Manahan, revitalisasi Lokananta.

Selanjutnya revitalisasi Taman Balekambang, revitalisasi IKM Mebel Gilingan, revitalisasi Pasar Jongke, revitalisasi Pura Mangkunegaran, pembangunan Museum Budaya, Sains, dan Teknologi.

Pembangunan PLTSA Putri Cempo, revitalisasi Gor Indoor Manahan, penataan kawasan Kumuh Semanggi-Mojo, dan revitalisasi kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya