SOLOPOS.COM - Ilustrasi Asrama Haji Donohudan Boyolali. Jumat (15/7/2022). (Istimewa/boyolali.go.id)

Solopos.com, SOLO — Dua rombongan haji asal Jawa Tengah telah kembali ke Asrama Haji Donohudan, Debarkasi Solo, dari Arab Saudi pada Sabtu (16/7/2022). Dua rombongan tersebut telah melaksanakan Ibadah Haji tepat selama 40 hari.

Keduanya rombongan berasal dari kloter satu yakni dari Kabupaten Pati serta  kloter dua yang berasal dari Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara. Total jemaah sebanyak 710 orang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kloter pertama tiba pada Jumat (15/7/2022) pukul 22.40 WIB dan kloter kedua tiba hari ini pukul 06.24 WIB. Jemaah haji langsung dipulangkan ke daerah masing-masing.

Saat tiba di Indonesia, jemaah harus melewati pemantauan kesehatan yang ketat. Jika terindikasi memiliki penyakit menular, maka akan dilakukan tes antigen dan pemeriksaan lebih lanjut.

Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, menjelaskan semua jemaah memasuki pengawasan kesehatan yang ketat. Sejauh ini, belum ada yang dikarantina.

Baca Juga: 13 Jemaah Haji Jateng Sakit, 7 Meninggal Dunia

“Setelah tiba di Asrama Haji, kami lakukan tes swab secara acak, jika nantinya positif Covid-19 akan dirawat di daerah asal,” ujarnya.

Debarkasi Solo juga menyiapkan vaksin booster bagi jemaah yang baru mendapatkan dosis kedua,. Lokasinya di Gedung Muzdalifah.

Para jemaah, langsung dipulangkan ke daerah asal masing-masing, tanpa menginap atau bersitirahat di Asrama Haji Donohudan.

Sebagai informasi, terdapat total 43 kloter yang berasal dari Embarkasi Solo. Secara total 7.785 jemaah, yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Debarkasi Solo Bakal Cek Suhu Tubuh Jemaah Haji

Hingga hari ini, terdapat delapan jemaah haji dari Embarkasi Solo yang meninggal di Tanah Suci. Kedelapan jemaah tersebut dimakamkan di Mekkah dan Madinah. Selain itu, masih ada 16 jemaah yang dirawat di Arab Saudi, semuanya dirawat di Mekkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya