SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polres Klaten, AKP Muhammad Fadhlan (paling kanan), saat memusnahkan knalpot brong di Mapolres setempat, Selasa (18/1/2022). Sebanyak 165 knalpot brong dimusnahkan di lokasi setempat. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Gelaran Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 selama dua pekan, 1-14 Maret 2022 rampung digelar. Terdapat 50 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan tingkat fatalitas sangat minim.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Muhammad Fadhlan, melalui Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Klaten, Iptu Sumasna, mengatakan operasi digelar untuk meningkatkan ketertiban berlalu lintas serta kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Fakta yang ada dari pantauan kami selama 24 jam, pelanggaran berlalu lintas sangat minim. Paling pol pelanggaran terkait kelengkapan knalpot yang tidak sesuai standar,” kata dia mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, saat ditemui wartawan di Polres Klaten, Rabu (16/3/2022).

Iptu Sumasna menilai tingkat kepatuhan warga dalam menaati prokes di jalan sangat bagus. Indikatornya, angka kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar melandai dalam dua pekan terakhir.

Baca Juga: Dukung Polres Klaten, ARAKK: Dana BOS Jadi Bancakan Semakin Kentara.

Di sisi lain, angka kecelakaan yang terjadi di Klaten mencapai 50 kejadian. Kecelakaan didominasi kecelakaan tunggal dan dialami para pengendara sepeda motor.

“Dari 50 kejadian kecelakaan, fatilitas korban sangat minim. Ada satu korban meninggal dunia,” kata dia.

Human error menjadi penyebab Kecelakaan tunggal. Rata-rata kecelakaan terjadi di ruas jalan yang mulus atau minim kerusakan. Ke depan, sosialisasi keselamatan berlalu lintas bakal ditingkatkan.

Baca Juga: Polres Klaten Buru Pemotor Salah Jalur Jalan Solo-Jogja, Ini Hukumannya.

“Dari fakta kejadian yang ada bahwa kecelakaan karena human error, kami akan memaksimalkan kaitannya sosialisasi ke berbagai kelompok mayarakat,” urai dia.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Muhammad Fadhlan, menjelaskan selama operasi digelar tidak ada penilangan di satu lokasi. Polisi mengedepankan preemtif dan preventif saat menegakkan peraturan lalu lintas.

Satlantas Polres Klaten juga terus proaktif mengedukasi masyarakat agar tetap disiplin prokes di tengah pandemi Covid-19. Gerai vaksinasi di beberapa pos juga dioptimalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya