SOLOPOS.COM - Ilustrasi (jagoanberita.com)

Ilustrasi (jagoanberita.com)

KLATEN — Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten mulai turun tangan untuk menelusuri dugaan praktik penyunatan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) yang diberikan kepada 26 madrasah ibtidaiah (MI) dan enam madrasah tsanawiah (MTs) di Klaten.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Seksi Inteligen (Kasi Intel), Surono, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Yulianita, mengatakan pihaknya baru memasuki tahap klarifikasi untuk mengusut kasus dugaan penyutaan bantuan sarpras tersebut. “Kami tidak memanggil. Kami cuma mengklarifikasi ke Kemenag. Kami perlu tahu bagaimana prosedur bantuan itu disalurkan kepada MI dan MTs,” ujar Surono saat dihubungi Solopos.com.

Surono mengaku belum mengetahui seluk beluk bantuan sarpras yang diberikan kepada 26 MI dan enam MTs tersebut. Oleh sebab itu, pihaknya ingin mempelajari terlebih dahulu petunjuk teknis (juknis) pencairan bantuan sarpras tersebut. Pihaknya juga masih mengkaji regulasi atau aturan-aturan dalam penyaluran bantuan itu. “Dari Kemenag, kami mendapatkan data tentang prosedur pengajuan bantuan, pencairan bantuan hingga laporan pertanggungjawaban,” Surono.

Surono tidak ingin gegabah dalam mengambil kesimpulan apakah Kemenag terlibat atau tidak dalam kasus dugaan penyunatan bantuan sarpras tersebut. Pihaknya masih ingin mengklarifikasi kepada masing-masing kepala madrasah untuk mendapatkan informasi yang mendekati kebenaran. “Setelah Kemenag, kepala madrasah pasti akan kita klarifikasi,” tukasnya.

Surono mengakui untuk mengungkap kasus dugaan penyunatan bantuan kepada madrasah itu tidak semudah membalik telapak tangan. Menurutnya, masing-masing kepala madrasah kemungkinan tidak kooperatif untuk mengungkapkan realita yang sebenarnya. “Kalau kepala madrasah itu mau membuka mulut tentu persoalan ini akan mudah dipecahkan. Namun apakah mau kepala madrasah buka mulut sementara dia sendiri kemungkinan terlibat di dalamnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya