SOLOPOS.COM - Ratusan keping CD soal try out SMA dengan kaver bergambar caleg Partai Hanura disita Panwaslu Karanganyar, Selasa (25/3/2014).(JIBI/Solopos/ Indah Septiyaning W)

Solopos.com, KARANGANYAR—Temuan compact disk (CD) bergambar calon anggota legislatif (caleg) DPR pada kaver soal try out SMA di Karanganyar meluas. Diduga ribuan keping CD bergambar caleg telah beredar di sekolah-sekolah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun , beredarnya CD soal try out bergambar caleg DPR dari Partai Hanura yang dikemas dalam kaver CD tidak hanya ditemukan di SMA Karangpandan. Namun di sejumlah sekolah lainnya juga ditemukan CD tersebut, di antaranya di SMA Negeri 1 Karanganyar dan SMA Kerjo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di SMA N 1 Karanganyar, ratusan keping CD masih berada di dalam empat kadus besar dan satu kardus kecil. Kepingan CD ini belum dibagikan ke siswa. Sedangkan di SMA Kerjo, kepingan CD sudah beredar di sekolah dan tinggal menyisakan 65 keping. Dari CD yang beredar, dalam kaver depan bergambar seseorang bernama Eret Hantanto SH. Sp.N. Tepat dibawah gambar terdapat nomor dua dan bertuliskan Peduli Pendidikan, Tokoh dan Pemerhati Pendidikan.

Sementara bagian dalam terdapat kartu gambar Eret Hartanto, Caleg Nomor 2 Dapil IV Jateng dari Partai Hanura. Dibalik kartu tersebut tertera surat suara DPR RI Nomor 10 Partai Hanura dengan tanda coblos nomor 2 dengan nama Eret Hartanto.

Humas SMA N 1 Karanganyar, Suko Hartanto kepada Espos, Selasa (25/3), mengatakan kepingan CD dikemas dalam empat kardus besar dan satu kadus kecil diterima pihak sekolah melalui Tata Usaha (TU). Dari TU kemudian diserahkan ke meja kepala sekolah. Tidak diketahui pasti pihak yang menyerahkan CD tersebut. Namun, dia mengatakan sesuai penuturan pegawai TU ada seseorang yang mengatasnamakan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan CD tersebut. “Setelah kami buka, ternyata kepingan CD dengan kaver gambar seseorang dan dalamnya ada kartu bergambar caleg Hanura,” ujarnya.

Pihaknya kemudian memilih untuk tidak membagikan kepingan CD kepada para siswa dan melaporkan temuan ke Panwaslu setempat. Selanjutnya, barang bukti (BB) berupa ratusan keping CD diamankan Panwaslu.
Ketua Panwaslu Karanganyar, Dwi Joko M. mengatakan sampai saat ini ada tiga sekolah yang menerima distribusi keping CD berisi soal try out dengan gambar caleg. Yakni SMAN 1 Karanganyar, SMAN Karangpandan dan SMAN Kerjo. Pihaknya menduga ada ribuan keping CD serupa yang telah beredar di masyarakat.

“Dari SMA N 1 Karanganyar saja ada 440 keping lebih. Belum yang SMA Kerjo dan SMA Karangpandan,” ujarnya.

Panwaslu, lanjutnya, akan menyisir lagi sekolah-sekolah lain karena diduga sengaja disebar luas ke pelajar SMA selaku pemilih pemula. Menurutnya, kemasan CD yang dibagikan menunjukkan sarat unsur kampanye terselubung. Dengan mendistribusikannya ke kalangan peserta didik, hal ini menyalahi aturan.

“Kami sudah menyita ratusan keping. Diguga masih ada ribuan di luar sana. Saat ini kami menelusuri siapa yang bertanggungjawab dan berinisiatif?” tegasnya.
Dia mengatakan pelaku akan dijerat tindak pidana pemilu sesuai pasal 86 UU No 8 Tahun 2012 dengan ancaman hukuman maksimal 1 tahun penjara dan denda Rp 12 juta. Sesuai rencana, Panwaslu akan memanggil pihak sekolah untuk dimintai klarifikasinya, Rabu (26/3).  “Baru nanti pihak yang diduga sengaja mengedarkan keping CD,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya