SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Boyolali saat memadamkan api di Trayu, Banyudono, Boyolali, Kamis (7/9/2023) sore. (Istimewa/Damkar Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALIKebakaran lahan kembali terjadi di Boyolali pada Kamis (7/9/2023) sore. Kali ini, kejadian kebakaran terjadi di lahan tebu wilayah RT 013/RW 003, Desa Trayu, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali.

Kasi Bimbingan dan Pengembangan Pemadam Kebakaran (Damkar) Boyolali, Mochamat Supriyatin, menjelaskan kejadian berawal dari orang/petani yang sengaja membakar lahan tebu untuk membuka tanah setelah masa panen tiba.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Api yang awalnya hanya membakar lahan tebu kemudian meluas tak terkendali. Salah seorang warga lalu memanggil Damkar Boyolali pada pukul 17.12 WIB.

“Untuk lahan yang terbakar sekitar dua hektare,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (8/9/2023).

Guna menangani kebakaran lahan tebu di Banyudono tersebut, Damkar Boyolali mengerahkan dua truk pemadam dan juga 10 kru. Ia meminta masyarakat yang ingin membersihkan lahan, baik di kebun, ladang, maupun sawah untuk tidak sengaja dibakar.

Supri mengungkapkan dari 1-6 September telah terjadi 20 kejadian kebakaran terdiri atas empat rumah dan 16 kebakaran lahan.

“Kami meminta jangan bakar lahan sembarangan mengingat ini kemarau panjang yang disertai angin kencang, maka api mudah sekali menjadi besar dan sangat membahayakan lingkungan sekitar,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya