SOLOPOS.COM - Penjual Lenjongan Pasar Gede menyiapkan pesanan untuk pelanggan, Jumat (11/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Pasar Gede Hardjonagoro Solo yang sudah berusia 92 tahun pada 2022 ini sejak lama dikenal sebagai jujugan wisata kuliner. Banyak orang yang datang ke pasar di dekat Balai Kota Solo tersebut karena memang ingin menikmati jajanan yang ada.

Ada Lenjongan Yu Sum yang menjadi obat kangen pengunjung terhadap jajanan kuliner tradisional berasa manis tersebut. Ada juga menu makan yang mengenyangkan seperti Nasi Liwet Bu Sri Pasar Gede.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bagi yang ingin minuman segar, bisa mencoba es dawet telasih Bu Dermi Pasar Gede. Lalu jika ingin beli oleh-oleh, di belakang kios dawet tersebut ada Kios Oleh-Oleh Bu Mukini.

Harga menu-menu kuliner dan jajanan di Pasar Gede Solo cukup ramah di kantong. Bahkan hanya dengan uang Rp20.000 sudah cukup untuk jajan sampai kenyang.

Uang Rp20.000 itu di Pasar Gede sudah bisa dipakai untuk membeli nasi liwet. Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, harga nasi liwet di warung Bu Sri Pasar Gede mulai Rp12.000 per porsi.

Baca Juga: Bingung Mau Sarapan Apa? Nasi Liwet Bu Sri Pasar Gede Solo Saja…

Isinya nasi liwet lauk telur ayam setengah butir, ayam suwir, sayur labu siam, dan areh. Jika menambah lauk, seperti ati-ampela, sayap, uritan menjadi Rp22.000 per porsi. Sedangkan kalau tambah lauk paha ayam harganya menjadi Rp23.000 per porsi.

Kalau tidak sedang ingin makan berat, uang Rp20.000 juga bisa dipakai untuk jajan kuliner seperti lenjongan di Pasar Gede Solo. Dari informasi yang dihimpun Solopos.com, lenjongan Yu Sum harganya cukup murah.

Dengan Rp5.000 sudah dapat satu porsi berisi berbagai jenis kuliner tradisional itu. Kemudian sisa uang saku bisa dibelikan es dawet telasih. Di kios Bu Dermi, es dawet telasih dijual dengan harga Rp10.000 per porsi.

Baca Juga: Suegerr! Minum Es Ngudari Ruwet di Pasar Gede Solo, Yuk Icip

Tak hanya murah, es dawet telasih Bu Dermi yang kini dikelolanya putri, Rut Tulus Subekti, 53, juga bisa mengobati pikiran yang sedang ruwet. “[Dawet] Bisa untuk ngudari ruwet,” canda Rut saat berbincang dengan tim ekspedisi Solopos, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya