SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat-lihat barang di bazar UMKM yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan Wilayah Solo di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Selasa (12/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Wilayah Kota Solo menggelar bazar UMKM di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Selasa (12/4/2022). Ada 38 booth yang menawarkan produk UMKM para anggota.

Berbagai produk ditawarkan mulai dari fashion, makanan kering, makanan basah, kerajinan, dan produk kecantikan. Kegiatan tersebut untuk memeriahkan Hari Kartini serta pemberdayaan UMKM anggota DWP.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua DWP Wilayah Solo, Endang Dwiati Ahyani, menjelaskan para pelaku UMKM selama pandemi Covid-19 kondisinya terpuruk. Bazar digelar sesuai program pemerintah untuk pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Mengenal Penyon, Makanan Khas Baluwarti untuk Acara Khusus Keraton Solo

“Harapannya bisa menjadi ketahanan keluarga ASN [aparatur sipil negara]. Kami ada 52 anggota namun yang terlibat 38 saja. Saya lihat semua sudah bagus dengan kemasan yang menarik. Produk UMKM dijual dengan cara online,” katanya kepada Solopos.com di sela-sela bazar UMKM di Balai Kota Solo.

Menurutnya, pelaku UMKM yang merupakan anggota DWP diharapkan bisa mempromosikan produknya supaya produknya bisa dikenal. DWP Wilayah Solo bakal membuat program untuk mengangkat UMKM. Selama ini kegiatan peringatan Hari Kartini berupa lomba-lomba.

Baca Juga: Ada Sejak 2009, Pasar Malam Ngarsopuro Solo Pernah Buka 8 Hari Nonstop

Potensi Keraton Solo

Endang mengatakan ada produk anggota yang terlibat dalam Semarak Ramadan 2022 Solo serta pasar malam Ngarsapura. Kegiatan bazar melibatkan Dinas Koperasi UKM Perindustrian Solo.

Ketua DWP Baluwarti, Suci Rohayati, menjelaskan Kecamatan Pasar Kliwon memamerkan produk unggulan Kelurahan Baluwarti saat bazar UMKM di Balai Kota Solo itu. Baluwarti memiliki potensi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat serta terdapat Kampung Wisata Baluwarti.

Baca Juga: Pasar Takjil Semarak Ramadan Solo Tampung 200 UMKM, Gini Cara Daftarnya

“Kami memiliki beragam produk pendukung kampung wisata berupa gula asem dan beras kencur siap minum maupun sirupnya. Kemudian ada lulur mandi untuk kecantikan putri Solo. Serta ada penyon yang merupakan makanan khas yang disajikan momen tertentu di Keraton,” paparnya.

Menurutnya, kebijakan pelonggaran dari pemerintah membuat warga Baluwarti yang menjadi para mitra DWP yang merupakan warga Baluwarti menerima banyak pesanan khususnya kue-kue kering jelang Lebaran 2022. Warga memasarkan produk melalui laman kampung wisata maupun Instagram @kampungbaluwarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya