SOLOPOS.COM - Ilustrasi Card Reader E-KTP (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Card Reader E-KTP (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Card Reader E-KTP (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO — Alat pembaca kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) atau card reader ditarget terpasang di 51 kelurahan di Solo tahun depan. Pengadaan alat tersebut rencananya menggunakan mekanisme APBD kota.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Pujo Hariyanto, mengatakan sejauh ini instansi kota yang memiliki card reader hanya dinasnya dan lima kantor kecamatan.

Menurut Pujo, pengadaan card reader hingga kelurahan penting untuk menunjang pelayanan administrasi kependudukan. Hal ini diperkuat SE Menteri Dalam Negeri Tertanggal 11 April 2013 yang mengimbau kepala daerah agar memfasilitasi unit kerja atau badan usaha yang memberikan pelayanan masyarakat dengan card reader.

“Terlebih tahun depan, KTP reguler tidak berlaku lagi,” ujarnya saat ditemui wartawan di Balai Kota, akhir pekan lalu.

Pujo mengatakan, pengadaan card reader juga penting untuk memupus kekhawatiran kerusakan pada e-KTP. Sebelumnya, santer diberitakan chip yang ada di e-KTP rentan rusak jika difotokopi berulang kali. Meski membantah hal itu, Pujo mengatakan memang sudah saatnya daerah menyiapkan fasilitas tersebut.  “e-KTP saya sudah difotokopi berulang kali, nyatanya tidak rusak. Yang dikopi kan bagian depannya. Namun pasangannya e-KTP ya card reader, harus disediakan sesegera mungkin.”

Ihwal dana pengadaan, pihaknya siap mengajukannya di APBD 2014. Pujo menerangkan seluruh fasilitas terkait e-KTP menjadi wewenang daerah masing-masing mulai tahun depan. Hal itu berbanding lurus dengan pelimpahan pembuatan e-KTP di daerah oleh pemerintah pusat. “Tahun 2014 layanan e-KTP sudah terfokus di daerah. Pusat tak lagi memberi bantuan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya