SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

E-KTP Klaten bakal bisa dicetak di lima kantor kecamatan.

Solopos.com, KLATEN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) mempersiapkan proses pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bisa dilayani di tingkat kecamatan. Pengadaan alat pencetakan e-KTP tersebut sudah dianggarkan melalui APBD Perubahan 2016.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Dispendukcapil Klaten, Widya Sutrisna, mengatakan dana yang dialokasikan untuk pengadaan alat tersebut sekitar Rp300 juta. Dana diperuntukkan guna pembelian peralatan pencetakan seperti printer serta tinta.

Peralatan dipersiapkan untuk pelayanan pencetakan e-KTP di lima kecamatan yakni Karanganom, Delanggu, Pedan, Wedi, serta Prambanan. Lima kantor kecamatan itu tak hanya melayani perekaman data e-KTP, namun bisa melayani pencetakan. Pemilihan kelima kecamatan tersebut lantaran kemudahan akses internet serta kemudahan akses lokasi.

“Inti dari pencetakan di kecamatan ini untuk mempermudah masyarakat melakukan pencetakan e-KTP. Jadi, tidak perlu sampai ke kantor Dispendukcapil,” urai dia, Minggu (8/1/2017). Guna pencetakan e-KTP di lima kecamatan itu, sejumlah operator dari Dispendukcapil bakal didatangkan ke kantor kecamatan.

Namun, meski peralatan sudah dipersiapkan, pencetakan e-KTP di kecamatan belum bisa dioperasikan. Pemkab hingga kini masih menunggu datangnya blangko e-KTP dari pemerintah pusat. “Kami menunggu datangnya blangko. Nanti setelah blangko turun kami lakukan uji coba di kecamatan,” ungkap dia.

Hingga akhir November 2016 ada 1.005.572 jiwa di Klaten wajib e-KTP. Dari jumlah itu, 899.679 jiwa yang sudah memiliki e-KTP. Namun sejak September lalu terjadi kekosongan blangko e-KTP.

Antrean pencetakan e-KTP sejak September hingga Desember 2016 diperkirakan sekitar 30.000 orang. Pencetakan e-KTP untuk puluhan ribu orang itu menunggu datangnya kiriman blangko e-KTP dari pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya