SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (JIBI/Solopos/Dok)

E-KTP Solo pelayanannya kurang optimal karena persediaan blangko menipis.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Pusat tak kunjung mengirimkan 50.000 blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) jatah Kota Solo tahun ini. Akibatnya, pengurusan e-KTP di sejumlah kecamatan mandek hingga dilimpahkan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Dispendukcapil, Suwarta, membenarkan Pemkot sedang mengalami krisis blangko e-KTP.

“Persediaan blangko mulai menipis sehingga kami tidak bisa membagi hingga tingkat kecamatan. Permintaan 50.000 blangko tambahan yang kami ajukan belum dikirim,” ujarnya saat ditemui akhir pekan lalu.

Suwarta mengatakan tambahan blangko krusial untuk kelanjutan pengurusan E-KTP warga. Sebab, banyak warga yang sudah merekam data tapi belum bisa dicetak karena belum mengisi blangko E-KTP.

Suwarta tak menampik kondisi itu cukup berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan. Warga kini harus menempuh perjalanan lebih jauh untuk mengakses layanan E-KTP. Sedangkan petugas Dispendukcapil tak jarang kerepotan karena harus mengurusi antrean yang membeludak.

Warga Baluwarti, Ny. Ida, 43, mengaku harus bolak-balik ke Balai Kota demi mengurus E-KTP anaknya. Saat ingin mengurus ke kecamatan, ia diarahkan ke Dispendukcapil. Dia menilai pelayanan di Dispendukcapil kurang ideal karena terlalu banyak antrean.

“Sempat datang pukul 11.00 WIB ternyata nomor antreannya sudah habis. Akhirnya ini saya datang lebih awal biar kebagian,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya