SOLOPOS.COM - Salah satu los mbako di Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, yang menjadi lokasi syuting serial Netflix Gadis Kretek. Foto diambil Selasa (5/12/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Serial Gadis Kretek yang tayang di aplikasi streaming Netflix menyedot perhatian publik, tak hanya karena menghadirkan cerita menarik, tapi juga karena lokasi syutingnya.

Salah satu lokasi syuting serial yang dibintangi Dian Sastrowardoyo itu yakni los mbako di Klaten, tepatnya di Dukuh Karangasem, Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ada dua los mbako yang menjadi lokasi syuting dan keduanya berada di Karanglo. Setelah digunakan untuk lokasi syuting, tak sedikit orang yang penasaran dengan los mbako tersebut.

Akibatnya, kini los mbako itu mendadak tenar dan banyak didatangi orang. Salah satu warga, Retno, 38, mengatakan syuting serial Gadis Kretek di Karanglo, Klaten, dilakukan satu tahun lalu.

Proses syuting berlangsung selama sehari dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. “Yang datang itu ada Mbak Dian Sastro dan Ario Bayu,” kata Retno saat ditemui Solopos.com di warungnya di seberang los mbako di Dukuh Karangasem, Karanglo, Selasa (5/12/2023).

Selama syuting berlangsung, ruas jalan di dekat los ditutup. Warga juga diminta tak mendekat los mbako serta tidak diizinkan mengambil foto dan video selama proses syuting berlangsung.

Retno pun masih terkenang ketika ada anak kecil teriak-teriak di dekat lokasi syuting dan diingatkan oleh kru film hingga anak tersebut diajak pergi oleh ayahnya menjauhi kampung hingga proses syuting selesai.

Sementara itu, seusai syuting di lokasi tersebut rampung, warga sempat berfoto bersama Dian Sastro. “Orangnya ramah dan cantik,” jelas Retno.

Bikin Penasaran

Dia mengatakan lokasi syuting berada di dua los mbako. Satu los mbako di seberang warungnya dan satu los mbako lainnya berada di tengah area persawahan.

Setelah digunakan untuk syuting, Retno mengatakan banyak orang yang berdatangan ke los mbako di Karanglo, Klaten, itu lantaran penasaran dengan lokasi syuting serial Gadis Kretek tersebut. “Sekarang kampungnya jadi terkenal,” kata Retno.

Pegawai staf Kantor Desa Karanglo, Adi, mengatakan los mbako di Karanglo itu milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Bangunan besar dari bambu dan beratap daun kering itu difungsikan sebagai tempat untuk mengeringkan daun tembakau seusai dipanen.

Dia menjelaskan saat ini ada dua los mbako di wilayah Karanglo. Kedua los mbako itu hingga kini masih difungsikan. Adi membenarkan los mbako di wilayah Karanglo itu banyak didatangi orang setelah digunakan untuk lokasi syuting Gadis Kretek.

Adi mengatakan banyak orang yang berdatangan lantaran penasaran. Beberapa ada yang berdatangan untuk sekadar foto-foto.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di aplikasi Netflix, Gadis Kretek atau Cigarette Girl yang terdiri atas lima episode mulai tayang di Netflix Indonesia pada 2 November 2023. Hingga Selasa (5/12/2023), Gadis Kretek bertengger di peringkat keempat daftar Top 10 kategori TV Shows.

Selain Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu, serial itu juga dibintangi Putri Marino, Arya Saloka, Ibnu Jamil, Tissa Biani, Sha Ine Febrianti, Wingky Wiryawan, Dimas Aditya, dan sederet bintang lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya