SOLOPOS.COM - Para calon penumpang menunggu keberangkatan bus menuju Jakarta di Terminal Sukoharjo, Senin (9/5/2022). (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Keberangkatan bus jurusan Wonogiri-Jakarta yang mengangkut para pemudik di Terminal Sukoharjo molor dari jadwal semula. Kondisi ini disebabkan kedatangan bus dari Jakarta terlambat lantaran terjebak kemacetan arus balik imbas dari rekayasa lalu lintas one way atau jalur satu arah di jalan tol.

Pantauan Solopos.com, Senin (9/5/2022), ratusan calon penumpang bus berkumpul di pinggir Terminal Sukoharjo. Mereka duduk di trotoar di depan kios agen penjualan tiket bus jurusan Wonogiri-Jakarta. Mereka menunggu kedatangan bus untuk kembali ke Jakarta. Beberapa penumpang terlihat gelisah lantaran belum ada kepastian waktu keberangkatan bus.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sejumlah personel polisi diterjunkan untuk mengamankan aktivitas penumpang yang hendak kembali ke daerah perantauan. Mereka merupakan para perantau yang mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

“Seharusnya, bus dari Wonogiri-Jakarta tiba di Terminal Sukoharjo pada siang hari. Mungkin pukul 13.00 WIB. Namun, hingga sekarang belum ada kepastian keberangkatan bus dari garasi di Wonogiri,” kata seorang calon penumpang asal Tangerang, Banten, Wahyudi, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin, di Terminal Sukoharjo.

Wahyudi mendapat informasi bus jurusan Jakarta-Wonogiri terjebak kemacetan parah di jalur balik Lebaran. Instansi terkait menerapkan sistem one way di jalan tol Trans Jawa dari Semarang-Jakarta. Imbasnya, kendaraan bermotor dari Jakarta menuju Jawa Tengah terjebak kemacetan selama berjam-jam.

Baca juga: 4 Tim Sidak Hari Pertama ASN Sukoharjo Masuk Kerja, Hasilnya?

Dia dan ratusan calon penumpang lainnya hanya bisa menunggu jadwal keberangkatan bus menuju Jakarta. “Kalau bisa hari ini [Senin] bisa berangkat ke Jakarta. Diperkirakan sampai di Jakarta Selasa (10/5/2022) Subuh atau pagi hari. Saya ada urusan yang harus dirampungkan pada lusa. Ya, mau bagaimana lagi, kondisi di jalan tol juga macet parah,” kata dia.

Pernyataan senada diungkapkan calon penumpang lainnya asal Jakarta, Robert. Dia mengaku baru kali ini menunggu keberangkatan bus selama berjam-jam saat Lebaran. Pada Lebaran sebelumnya, keberangkatan bus jurusan Wonogiri-Jakarta kerap molor namun hanya sejam atau maksimal dua jam.

“Bisa-bisa berangkat ke Jakarta pada Senin malam hari atau Selasa pagi. Sebenarnya tidak masalah karena saya bukan pegawai kantoran yang harus masuk kerja pada pekan ini,” papar dia.

Baca juga: Dilingkupi Mitos Soal Perceraian, Intip Pesona Gunung Pegat Sukoharjo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya