SOLOPOS.COM - Pemimpin Praja Mangkunegaran K.G.P.A.A Mangkunagoro X bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan pers mengenai Adeging Mangkunegaran ke-267 di Pura Mangkunegaran, Kamis (18/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– K.G.P.A.A Mangkunagoro X bersyukur masuk bursa calon Wali Kota Solo. Namun, pemimpin Praja Mangkunegaran itu kini lebih fokus menyelenggarakan Adeging Mangkunegaran dibandingkan Pilkada 2024.

“Kami apresiasi dan kami syukuri namun saya fokus di Mangkunegaran dulu. Dan Adeging Mangkunegaran dulu,” jelas dia ditemui wartawan setelah konferensi pers Adeging Mangkunegaran ke-267 di Pura Mangkunegaran, Kamis (18/4/2024).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ditanya wartawan apakah tertarik mendaftar penjaringan calon wali kota (cawali)- calon wakil wali (cawawali) Pilkada Solo 2024 atau akan melakukan deklarasi untuk Pilkada Solo, Mangkunagoro mengatakan fokus menyelenggarakan Adeging Mangkunegaran.

Ditanya wartawan mengenai sejumlah partai politik yang menunggu langkah politik Mangkunagoro X, Mangkunagoro X kembali menegaskan fokus untuk Adeging Mangkunegaran karena penyelenggaraannya tergolong rumit.

Selain Mangkunagoro X, konferensi pers Adeging Mangkunegaran dihadiri Co-founder & COO Katadata, Ade Wahyudi; Ketua Pembina Yayasan DNC Soenardi Pardi; Direktur Hukum dan Kepatuhan Permata Bank, Dhien Tjahajani; dan VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso.

Sementara itu, Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tiba-tiba hadir di sela-sela konferensi pers. Gibran turut menyambut positif rangkaian Adeging Mangkunegaran.

Mangkunagoro X menjelaskan tidak melakukan pembahasan saat bertemu Gibran kecuali Adeging Mangkunegaran. rangkaian itu merupakan kolaborasi Pura Mangkunegaran dan Pemkot Solo.

Ditanya wartawan apakah Gibran mendorongnya untuk Pilkada Solo, Mangkunagoro X menjelaskan Gibran mendorongnya untuk membuat banyak program kebudayaan. Mangkunagoro X dan Gibran selalu berkolaborasi.

Terpisah, Gibran tidak banyak komentar mengenai Mangkunagoro X menjadi salah satu figur yang mendominasi elektabilitas di Kota Solo. Gibran mengatakan datang ke Pura Mangkunegaran untuk membahas Adeging Mangkunegaran, bukan politik.

“Kami bertemu untuk membahas event, kebudayaan, dan membahas rencana Mangkunegaran ke depan,” papar dia.

Menurut dia, dinamika Pilkada Solo bisa ditanyakan kepada pengurus partai politik. Ketua partai politik tingkat kota memiliki peran besar dalam Pilkada Solo.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Solopos Institute pada periode Sabtu-Rabu, 16-20 Maret 2024, elektabilitas tiga tokoh mendominasi pencalonan. Mereka adalah Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa (27,62%), pemimpin Praja Mangkunegaran K.G.P.A.A Mangkunagoro X (24,76%), dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

Total dukungan publik untuk ketiga tokoh itu mencapai 75,62% atau lebih dari tiga perempat. Sisanya atau kurang dari seperempat dukungan publik terdistribusi ke sejumlah tokoh dengan jumlah yang jauh lebih kecil.

Ada tiga tokoh lainnya dengan elektabilitas di atas 2%, yaitu Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo (4,76%), serta Rektor Universitas Surakarta, Astrid Widayani, dan Ketua DPD Partai Golkar Solo, Sekar Tandjung, yang sama-sama mendapatkan dukungan 3,62%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya