SOLOPOS.COM - Ilustrasi Embung Pilangbango (JIBI/Solopos/Antara)

Embung Sragen akan dibangun. Pemkab Sragen mendapat bantuan Rp600 juta.  

Solopos.com, SRAGEN – Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH) memberikan bantuan Rp600 juta untuk pembangunan tiga embung konservasi lingkungan di Bumi Sukowati pada 2015.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penjelasan pembamgunan embung Sragen tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Pengendalian Lingkungan Hidup BLH Sragen, Endro Roesmono, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (24/2/2015).

“Tahun ini kita dapat bantuan anggaran dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk pembuatan tiga embung. Anggaran untuk satu embung sekitar Rp200 juta,” ujar Endro.

Dia menjelaskan embung yang di bawah pengelolaan BLH Sragen berbeda dengan embung yang dikelola oleh Bidang Pengairan DPU dan Dinas Pertanian (Dispertan) Sragen.

Embung yang kami kelola yaitu untuk konservasi alam. Tapi embung yang dikelola DPU dan Dispertan kan merupakan embung untuk kebutuhan pengairan pertanian,” imbuh dia.

Endro menjelaskan tiga embung yang akan dibangun dalam waktu dekat akan ditempatkan di wilayah Sragen utara. Keberadaan embung diharapkan membantu konservasi alam di wilayah itu.

Dia menerangkan saat ini baru ada dua embung konservasi di Bumi Sukowati. Dua embung tersebut berada di Desa Brojol, Kecamatan Miri, dan Keden, Kecamatan Kalijambe.

“Dua embung konservasi ini tidak pernah kering, termasuk saat musim kemarau. Bahkan embung ini dimanfaatkan warga sekitar untuk memelihara aneka jenis ikan,” urai dia.

Endro menargetkan terdapat setidaknya dua hingga tiga embung konservasi di tiap wilayah kecamatan. Sehingga BLH kembali mengajukan permintaan bantuan pembangunan embung.

“Kami ajukan lagi permintaan 15 embung ke pemerintah pusat. Mudah-mudahan setidaknya bisa dipenuhi lima embung lagi tahun ini. Demi konservasi alam saat ini,” tutur dia.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pengamanan Lingkungan Hidup BLH Sragen, Sungadi, dihubungi Solopos.com, menjelaskan, pembangunan tiga embung tahun ini baru tahap persiapan. BLH sedang mengatur tahapan pembangunan ketiga embung merujuk perencanaan awal. “Tiga embung ini nanti kita bangun di wilayah Sragen utara,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya