SOLOPOS.COM - Sarasehan Pemimpin Muda menghadirkan delapan pemimpin muda dari pemerintahan, dunia usaha hingga penjaga budaya di The Sunan Hotel Solo, Selasa (25/7/2023). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, mengatakan pemimpin harus kreatif dan inovatif tanpa harus mengabaikan kearifan lokal. Dia mencontohkan nasib Jawa Timur saat perlu mengeluarkan bantuan sosial ketika Covid-19.

Birokrasi yang rumit membuat data penduduk menjadi ganda dan rancu. “Akhirnya kami membuat cross tabulasi data agar semua dapat satu data dan bisa dicocokkan. Sasarannya kemudian terlihat ada 1 juta penduduk,” papar Emil dalam acara Sarasehan Pemimpin Muda di The Sunan Hotel Solo, Selasa (25/7/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Cara tersebut secara efektif menyasar masyarakat miskin yang memang membutuhkan bantuan sosial. Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rahman, yang juga menjadi salah satu pemimpin muda yang hadir dalam sarasehan tersebut mengatakan pembangunan di Blora memiliki banyak tantangan.

“Sebanyak 50% wilayah di Blora masih hutan, kalau pembangunan pendanaan dari mana pun bisa kami dapatkan atau lewat kolaborasi. Namun, tantangannya adalah mengajak masyarakat yang tinggal di hutan untuk hidup lebih modern,” papar Arief.

Arief yakin infrastruktur dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi baik dan menurunkan angka kemiskinan. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga hadir dalam acara itu mengatakan pembangunan infrastruktur seperti yang dilakukan Solo lewat 17 proyek strategis adalah untuk memicu perputaran ekonomi.

Dia juga yakin 17 program pembangunan di Solo akan selesai tahun 2023 dan tahun depan masyarakat dapat menikmati hasilnya.

Sarasehan Pemimpin Muda bertema Young Inspiration Toward a Better Future yang digelar Solopos Media Group (SMG) di The Sunan Hotel mempertemukan delapan pemimpin muda dari berbagai sektor bakal bertemu dan menebar inspirasi dalam satu program spesial tersebut.

Selain Emil Dardak, Arief Rohman, dan Gibran, hadir pula Bupati Kendal Dico Ganinduto, VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso melalui Zoom dan Komisaris Independen BSI M Arief Rosyid Hasan.

Tak ketinggalan dari penjaga budaya akan hadir Penghageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta GKR Bendara, serta Adipati Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X.

Acara sarasehan yang digelar Solopos Media Group (SMG) ini dimulai pukul 13.30 WIB dan dibuka oleh Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo.

Acara turut didukung Pertamina, BNI, Pemkab Blora, Bank Syariah Indonesia (BSI), Candi Elektronik, dan The Sunan Hotel Solo. Apa saja isi obrolan para pemimpin muda bisa diikuti laporannya di Solopos.com yang terus meng-update informasinya sepanjang acara.

Selain itu, laporan lengkap acara ini juga akan ditayangkan di Harian Umum Solopos selama tiga edisi berturut-turut, Kamis-Sabtu (27-29/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya