SOLOPOS.COM - Lapak milik PKL yang tergabung dalam Paguyuban Samudra Indah di Dukuh RT 002, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Sabtu (12/2/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) mulai memasang daftar harga id lapan mereka di Objek Wisata Gunung Kemukus, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Pemasangan daftar harga tersebut biar pengunjung tak khawatir bakal dikepruk pedagang.

Ketua Paguyuban PKL Samudra Indah yang mewadahi para PKL di Gunung Kemukus, Sulfian, mengatakan telah mengarahkan anggotanya untuk memasang daftar harga. Selain itu, anggota paguyuban tidak boleh mematok harga mahal.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kalau mahal nanti kasihan. Para pengunjung nanti kapok,” jelasnya.

Dia mengatakan harga yang wajar sebagai upaya untuk menjaga kunjungan wisata. Dia berharap Gunung Kemukus tetap dalam ramai didatangi wisatawan dan mereka mau membeli dagangan PKL.

Baca Juga: PKL Direlokasi, Pengunjung Leluasa Bersantai di Taman Gunung Kemukus

Penanggung Jawab Objek Wisata Gunung Kemukus, Marcellus Suparno, mengatakan Paguyuban PKL Samudra Indah menetapkan patokan harga kepada semua anggotanya. Artinya satu produk, misal minuman dalam kemasan, dijual dengan harga yang sama antar-PKL.

Adapun kawasan Gunung Kemukus terdiri dari dua dukuh serta lima RT, yakni Dukuh Gunung Sari dan Dukuh Kedunguter.

Paguyuban PKL Samudra Indah sendiri memiliki anggota sebanyak 35 orang. Kebanyakan dari mereka merupakan warga Dukuh Kedunguter dan Dukuh Gunungsari, Desa Pendem. (Wahyu Prakoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya