SOLOPOS.COM - Endang Muryani. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Terjun ke dunia politik mungkin bukan pilihan utama bagi mayoritas perempuan. Namun hal ini nampaknya tidak berlaku bagi Endang Muryani, Anggota DPRD Karanganyar dari PDI Perjuangan.

Bagi Endang, politik merupakan panggilan sekaligus tantangan. Politik juga merupakan cara untuk membuat perubahan bagi masyarakat. Setelah masuk politik, dia menyebut mendapat banyak ilmu dan pendidikan yang luar biasa. Dengan politik pula, dia memiliki banyak media dan panggung untuk berbuat kebaikan bagi masyarakat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Ya, banyak yang bisa dilakukan dengan politik. Dan yang lebih utama lagi, bagi saya berpolitik adalah media untuk beribadah,” tutur Endang, yang saat ini adalah Anggota Komisi D DPRD Karanganyar. Komisi ini membuat dia sangat konsen terhadap isu-isu kesejahteraan masyarakat, terutama masalah pendidikan dan kesehatan.

Endang juga menjelaskan beberapa alasan kenapa akhirnya terjun ke politik. “Perempuan memiliki makna yang sangat penting di dunia politik untuk memberikan pemahaman dan menyatukan persepsi dan pentingnya peran perempuan dalam pembangunan demokrasi yang adil dan mensejahterakan,” tutur Endang.

Keterlibatan kaum perempuan dalam politik juga merupakan salah satu bentuk kesetaraan gender, baik laik-laki maupun perempuan mempunyai kesempatan yang sama.

Melalui jalur politik ini pula Endang mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat dan menempatkan masyarakat sebagai kawan dan mencoba menjadi bagian dari mereka. Berikut perjalanan karier politik Endang Muryani, yang Solopos.com himpun dari wawancara.

Nama : Endang Muryani
Lahir : Candi Sukuh Ngargoyoso Karanganyar, 4 November 1978

Pendidikan :
– Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo
– S2 Magister Manajemen Universitas Muhammadyah Surakarta (UMS)

Karier Politik :
– Sekretaris PAC PDI Perjuangan Karanganyar
– Anggota Departemen Perempuan DPC PDI Perjuangan Karanganyar
– Ketua DPC PDI Perjuangan Karanganyar (2015-2019)
– Bendahara DPC PDI Perjuangan Karanganyar (2019 – saat ini)
– Anggota Legislatif sebagai Ketua Komisi D DPRD Karanganyar (2014 – 2019)
– Anggota Legislatif sebagai Anggota Komisi D DPRD Karanganyar (2019 – saat ini)
Daerah Pemilihan : Jumantono Jumapolo Jatipuro dan Jatiyoso
Daerah Pemilihan untuk Pemilu 2024 : Colomadu dan Gondangrejo (Dapil 4 Karanganyar)

Karier Profesional :
– Guru Sosiologi SMA N 2 Karanganyar
– Direktur PT Taruna Bima Abadi (perusahaan konstruksi)

Pengalaman organisasi kemasyarakatan :
– Sekretaris Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia (ASPEKINDO) Karanganyar
– Wakil Bendahara MPC Pemuda Pancasila Karanganyar
– Wakil Ketua Bidang MPC Pemuda Pancasila Karanganyar
– Wakil Ketua SRIKANDI Pemuda Pancasila Jawa Tengah.
Sumber: Wawancara. (haw)

Yang Terbaik

“Di setiap momen ke bawah bertemu warga saya beri motivasi kepada mereka. Saya open 24 jam menerima segala keluhan dari masyarakat, saya tidak memberi janji, tapi saya membuka diri berkomunikasi dengan masyarakat untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi. Bagi saya, amanah yang diberikan adalah sarana untuk melakukan pengabdian,” tuturnya.

Kematangan berpolitik Endang teruji seiring dinamika politik yang terus terjadi baik di internal maupun eksternal partai. “Ini adalah bidang yang luar biasa. Bagaimanapun kondisinya, saya akan berjuang untuk tetap bertahan di politik. Saya akan berjuang melakukan yang terbaik untuk partai maupun konstituen karena politik adalah perjuangan,” ujar Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya