SOLOPOS.COM - Patung Pak Harto. (JIBI/Solopos/Newswire)

Solopos.com, SOLO — Patung Pak Harto tidak benar-benar musnah seperti yang dikatakan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Di Kota Solo masih ada patung Presiden kedua RI tersebut.

Tak main-main, patung Pak Harto ada di rumah dinas Wali Kota Loji Gandrung, tepatnya di teras bangunan tersebut. Patung itu ada sejak masa pemerintahan eks Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Kreatif! Mahasiswa ISI Solo Bikin Batik Motif Covid-19, Ini Wujudnya

“Itu [patung Pak Harto] sudah sekitar tiga tahunan, saat Pak Rudy menjabat. Dibangun untuk menghormati jasa-jasa para presiden sebelumnya,” kata Kepala Bagian Umum Pemkot Solo, Herwin Nugroho, seperti diberitakan detikcom, Jumat (1/10/2021).

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo beserta istri, berfoto bersama warga saat acara open house perayaan Natal di Loji Gandrung, Solo, Rabu (25/12/2019). (Solopos/M. Ferri Setiawan) patung pak harto solo
Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo beserta istri, berfoto bersama warga saat acara open house perayaan Natal di Loji Gandrung, Solo, Rabu (25/12/2019). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Selain patung Pak Harto, ada juga patung para mantan presiden yakni Sukarno, BJ Habibie, KH Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Patung Pak Harto berada di sebelah kanan patung Sukarno.

Baca Juga: Total 7 Jabatan Eselon II Pemkot Solo Kosong, Ganggu Kinerja?

Sementara itu, mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo membenarkan ia lah yang memerintahkan pembuatan patung-patung semua mantan Presiden RI tersebut, termasuk Pak Harto.  “Saya juga yang memerintahkan pemasangannya di teras Loji Gandrung,” ujar Rudy, sapaan akrabnya, Jumat (1/10/2021).

Rudy mengatakan seluruh anak bangsa harus bersikap objektif dan adil dalam menjaga moral bangsanya. Dengan memasang patung-patung itu, ia berharap seluruh warga tidak melupakan jasa-jasa para pemimpin bangsanya dari masa ke masa.

Baca Juga: Catat Lur! Ini 10 Event Utama Solo Great Sale 2021

Sebelumnya, soal keberadaan patung Pak Harto ini menjadi heboh menyusul pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Gatot menganggap ironis ketika patung Bung Karno dibangun di mana-mana sementara patung Pak Harto seolah hilang dan musnah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya