SOLOPOS.COM - Ilustrasi fenomena langka planet sejajar. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pada 3 hingga 24 Juni 2022, para pencinta astronomi disuguhi fenomena langka lima planet sejajar yang kemungkinan baru muncul lagi pada 2041. Lima planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus berbaris secara berurutan dalam jarak 91 derajat.

Puncak penampakan alam itu terjadi pada Jumat, 24 Juni 2022. Kemudian pada Kemudian pada 30 Juni 2022, jarak antara planet pertama dan terakhir dalam barisan, Merkurius dan Saturnus, akan bertambah menjadi 116 derajat. Berita selengkapnya bisa dibaca di artikel berjudul Fenomena Langka Lima Planet Sejajar 24 Juni, Muncul Lagi 2041.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Keistimewaan Kayu Jati Sudah Termasyhur sejak Era Babilonia

Jati dikenal sebagai tanaman dengan nilai ekonomi yang tinggi. Bahkan, kayu jati yang dikenal kuat dan tahan lama konon sudah menghiasi interior istana pada masa peradaban Babilonia (1895 SM–539 SM).

Baca Juga: PON Pertama di Solo Gegara Paspor Indonesia Ditolak Inggris

Cukup banyak pohon jati berusia ratusan tahun di Wonogiri. Salah satu pohon jati itu berada di Dusun Jaten, Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Pohon itu berdiameter lebih dari 1,5 meter dengan tinggi kurang lebih 12 meter. Berita selengkapnya bisa dibaca dalam artikel Keistimewaan Kayu Jati Sudah Termasyhur sejak Era Babilonia.

Jangan Paksakan Pengesahan RKUHP Tanpa Partisipasi Publik yang Bermakna

Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Indonesia meminta DPR dan pemerintah jangan memaksakan pengesahan Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) atau Rancangan Undang-undang (RUU) KUHP selama partisipasi publik yang bermakna belum diwujudkan dalam pembahasan.

DPR dan pemerintah harus membuka lebih dulu draf RKUHP agar bisa diakses publik seluas-luasa dan ditelaah secara kritis. Pembukaan draf RKUHP dan akses untuk publik memungkinkan semua elemen masyarakat memberikan masukan dan kritik. Berita selengkapnya bisa dibaca di artikel Jangan Paksakan Pengesahan RKUHP Tanpa Partisipasi Publik yang Bermakna.

Baca Juga: STB Gratis Hanya untuk Keluarga Miskin

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya